Breaking News:

Advertorial

Jelang Akhir Tahun 2021, PLN UIP JBTB Rampungkan 16 Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan

Jelang Akhir Tahun 2021, PLN UIP JBTB berhasil rampungkan 16 pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Editor: Cak Sur
Istimewa
Ilustrasi - Jelang Akhir Tahun 2021, PLN UIP JBTB berhasil rampungkan 16 pembangunan infrastruktur kelistrikan. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Jelang Akhir Tahun 2021, PLN UIP JBTB berhasil rampungkan 16 pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Sebanyak 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri dari 11 jalur transmisi sepanjang 435,52 kms dan 5 gardu induk dengan total kapasitas 300 MVA, dengan nilai investasi total sebesar 1,96 triliun rupiah selesai dibangun di akhir tahun 2021 dengan zero accident.

Tidak hanya itu, pada tahun 2021 ini, nilai realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 73% atau setara dengan 953 miliar rupiah. Dengan realisasi TKDN ini, menunjukkan komitmen PLN dalam meningkatkan porsi industri lokal untuk berperan bersama dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur kelistrikan yang akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan di pulau Jawa dan Bali serta untuk meningkatkan perekonomian nasional.
Di sisi lain, PLN UIP JBTB juga terus berproses dalam pengamanan aset negara, hal ini ditandai dengan penerbitan sertipikat mencapai 1409 persil tanah.

Direktur Mega Project dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto memberikan apresiasi atas keberhasilan PLN UIP JBTB yang mampu menyelesaikan 16 Proyek Strategis Nasional di masa pandemi.

"Di tengah pandemi tentu bukan kondisi yang ideal dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, pastinya terdapat kendala-kendala yang dihadapi, namun PLN UIP JBTB telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan keandalan sistem melalui selesainya pembangunan 16 PSN. Hal ini patut kita syukuri dan apresiasi," ucap Wiluyo

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali, Djarot Hutabri EBS mengungkapkan, keberhasilan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tidak lepas dari sinergitas yang baik antara PLN dengan seluruh stakeholder terkait, di mana keberhasilan ini akan semakin memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu PLN juga menunjukkan perhatiannya kepada masyarakat melalui Pemberian Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dikenal dengan Program PLN Peduli, yang diberikan untuk membantu masyarakat di sekitar senilai 3,6 miliar rupiah.

“Sinergitas tinggi antara PLN dan Stakeholder dengan memperhatikan dan membantu masyarakat di sekitar pembangunan yang dapat menggerakkan roda perekonomian, secara luas melalui kelistrikan dan juga melalui program PLN Peduli tentunya ini menunjukkan nilai dari transformasi PLN,” tambahnya.

Keberhasilan penyelesaian 16 PSN ini telah melebihi target 100 persen yang ditetapkan untuk tahun ini, serta realisasinya selaras dengan target TKDN yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 54 Tahun 2012. (*)

Adapun 16 Proyek Strategis Nasional yang berhasil diselesaikan selama tahun 2021 ini antara lain:

A. Gardu Induk
1.GI 150 kV KIS;
2.GI 150 kV Tulungagung;
3.GI 150 kV Wlingi II;
4.GI 150 kV New Porong;
5.GIS 150 kV Buduran

B. Transmisi
1. SUTT 150 kV KIS – Bangil
2. SUTT 150 kV Gempol/New Porong – KIS
3. SUTT 150 kV Gempol/New Porong – Bangil
4. Rekonduktoring SUTT 150 kV Paiton - Kraksaan Sirkit I
5. Rekonduktoring SUTT 150 kV Paiton - Kraksaan Sirkit II
6. Rekonduktoring SUTT 150 kV Kraksaan – Probolinggo
7. SUTT 150 kV Wlingi II - Tulungagung II
8. SUTT 150 kV Kediri - Tulungagung II
9. SUTT 150 kV Tanggul-Puger
10. SUTT 150 kV Celukan Bawang-Pemaron Sirkit 1
11. SUTT 150 kV Gilimanuk-Pemaron Sirkit 2

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved