Breaking News:

Press Release

Inflasi Jatim Terkendali, Optimistis Pemulihan Ekonomi Bisa Berkelanjutan

Kinerja inflasi Jawa Timur (Jatim) pada November 2021 sebesar 2,22 persen (yoy).

Foto Istimewa Bank Indonesia
Kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2021 Optimis Jatim Bangkit : Pengendalian Inflasi dan Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan yang digelar BI Jatim secara hibrid yang dipimpin Kepala BI Jatim, Budi Hananto 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kinerja inflasi Jawa Timur (Jatim) pada November 2021 sebesar 2,22 persen (yoy).

Angka ini sekaligus sudah berada dalam kisaran sasaran inflasi 3% ± 1% untuk di tahun 2021.

Hal itu diungkapkan Budi Hananto, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI Jatim), dalam kegiatan "Refleksi Akhir Tahun 2021 Optimis Jatim Bangkit : Pengendalian Inflasi dan Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan", Selasa (28/12/2021).

Dalam acara yang digelar di ruang Singasari, Gedung BI Jatim itu, Budi juga mengungkapkan, saat ini kondisi permintaan pasar yang berangsur membaik seiring dengan vaksinasi.

Konsistensi penerapan protokol kesehatan serta kolaborasi dan sinergi, yang mampu meningkatkan confidence masyarakat dalam beraktivitas.

"Peningkatan permintaan dan confidence masyarakat tercermin dari pencapaian kinerja inflasi tersebut," jelas Budi.

Karena itu, beberapa langkah bisa dilakukan. Diantaranya, mengoptimalkan lumbung pangan nusantara, digital farming, memperkuat sektor hilir sehingga hasil produksi dapat lebih mudah dipasarkan dan disalurkan.

"Fungsi rumah kurasi dari Bank Indonesia juga akan dimaksimalkan. Pemanfaatan infrastruktur waduk untuk kemudahan pendukung produksi sumber daya alam serta peningkatan kreativitas dan inovasi untuk menjadi tempat rekreasi baru," beber Budi.

Pembangunan dermaga-dermaga baru juga diharapkan dapat mendorong konektivitas antar kota dan antar provinsi sehingga dapat mempermudah pergerakan dan menambah nilai ekonomi pada sektor-sektor ekonomi berskala sedang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, yang menambahkan bahwa kondisi pandemi Covid 19 di Jawa Timur terkendali dan melandai, dengan 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur telah memasuki risiko rendah/zona kuning.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved