Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Menkopolhukam Tinjau Ibadah Natal di Surabaya, Pastikan Perayaan Natal Aman dan Kondusif

Menkopolhukam RI, Mahfud MD meninjau ibadah natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Menkopolhukam RI, Mahfud MD saat meninjau ibadah natal di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya, Sabtu (25/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD meninjau ibadah natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Surabaya, Sabtu (25/12/2021).

Didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Plh Sekdaprov Jatim Heru, Menkopolhukam Mahfud MD terlebih dahulu meninjau pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus (HKY), di Jalan Polisi Istimewa Surabaya.

Setibanya di Gereja HKY Surabaya, rombongan diterima Romo Yosef Eko Budi Susilo dan Romo Agus Sulistiyo.

Mahfud MD menuturkan, kunjungan ke gereja HKY Surabaya untuk memastikan secara langsung proses ibadah natal berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya datang ke sini untuk memastikan keamanan natal di gereja bersama Pangdam, Kapolda dan Sekdaprov Jatim yang mewakili Ibu Gubernur. Saya mengucapkan kepada umat kristiani seluruhnya yang merayakan natal," kata Mahfud usai meninjau ibadah natal di Gereja HKY.

Disampaikan Mahfud, di Indonesia semua penduduk, agama dan lembaga keagamaan mendapat perlindungan yang sama. Sebab, Indonesia bukan negara agama dan bukan negara sekuler.

"Indonesia bukan negara agama. Kalau negara agama diatur dan dikuasai dengan sistem agama. tapi Indonesia ini merupakan Negara Pancasila," tegasnya.

Lebih lanjut, Mahfud menekankan bahwa roh Pancasila akhirnya membawa seluruh agama di Indonesia mengajarkan kebaikan dan melindungi semua pemeluk agama. Hal itu dikarenakan Negara Indonesia menganut Pancasila yang di dalamnya terdapat butir Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Ajaran membawa kebaikan jadi di Indonesia itu prinsipnya bukan negara agama tapi melindungi semuanya, pemeluk agama di Indonesia," jelasnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu pun memastikan, bahwa perayaan natal di seluruh gereja di Indonesia berjalan aman dan lancar. Sebab, berdasarkan laporan Pangdam dan Kapolda Jatim, suasana Natal di Jatim berjalan kondusif.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved