Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Kolaborasi dengan PLN Rintis Green Tourism

Pemkab Banyuwangi kembali melakukan inovasi dengan menjalankan program piloting Green Tourism dengan menggandeng PLN sebagai mitra kolaborasi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Penandatanganan MoU oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dengan PT PLN (Persero) Tbk UP3 Banyuwangi, Yudho Rahadianto. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Seiring ditunjuknya Indonesia untuk memegang mandat sebagai presidensi Group of Twenty (G20), pemerintah secara serius mulai mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan green economy secara luas.

Merespons inisiatif tersebut, secara cepat Pemkab Banyuwangi kembali melakukan inovasi dengan menjalankan program piloting "Green Tourism" dengan menggandeng PLN sebagai mitra kolaborasi.

“Ya, kami telah menjalin kerja sama dengan PLN untuk mendorong green tourism lewat pengembangan energi baru terbarukan. Menurut saya, ini sejalan dengan konsep ecotourism yang telah diusung Banyuwangi selama ini,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Festiandani, Sabtu (25/12/2021).

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dengan PT PLN (Persero) Tbk UP3 Banyuwangi, Yudho Rahadianto. MoU diteken pada 18 Desember 2021 lalu, di Pendopo Kabupaten Banyuwangi.

Ditambahkan Bupati Ipuk, sejak awal Banyuwangi telah menempatkan dirinya sebagai destinasi wisata yang berbasis alam. Eco tourism dipilih karena kekayaan alam Banyuwangi sangat melimpah, di mana Banyuwangi dikelilingi 3 taman nasional dan memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur.

“Melalui kolaborasi ini, Pemkab Banyuwangi ingin mendorong tujuan itu lebih dalam lagi, yaitu dengan seluas mungkin memanfaatkan EBT dalam keseluruhan ekosistem pariwisata di Banyuwangi,” beber Bupati Ipuk.

Melalui dukungan penuh PLN, Pemkab Banyuwangi akan mengembangkan konsep pariwisata ramah lingkungan, antara lain dengan penggunaan motor/mobil listrik untuk transportasi pariwisata, mengembangkan sistem Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai destinasi wisata. Selain juga pengelolaan pembangkitan listrik tenaga surya melalui atap surya (solar rooftop), hingga pembentukan electrifying lifestyle di kalangan masyarakat Banyuwangi, khususnya di kawasan pariwisata.

Kepala PT PLN (Persero) UP3 Banyuwangi, Yudho Rahadianto mengaku, pihaknya mendukung penuh kawasan pariwisata yang menonjolkan Green Tourism dengan menyediakan energi listrik dari pembangkit EBT.

"Untuk kawasan wisata yang menonjolkan Green Tourism akan kami support energi listriknya dengan green energy. Ini yang akan kami kerjakan bareng Pemkab Banyuwangi," tegas Yudho.

Salah satunya, kata Yudho, PLN akan menyediakan listrik sebagai energi bersih di tempat wisata melalui SPLU dan SPKLU.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved