Muktamar NU ke 34

REKAM JEJAK Gus Yahya, dari Jubir Presiden Gus Dur hingga Jabat Ketum PBNU 2021-2026, Ini Profilnya

Inilah rekam jejak KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dari juru bicara Presiden Abdurachman Wahid hingga kini terpilih sebagau Ketum PBNU 2021-2026

Editor: Iksan Fauzi
Tribun Lampung/Deni Saputra
KH Said Aqil Siradj dan KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. 

SURYA.co.id - Inilah rekam jejak KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dari menjabat juru bicara Presiden Abdurachman Wahid alias Gus Dur hingga kini terpilih sebagau Ketua Umum PBNU 2021-2026.

Di era Presiden Jokowi, Gus Yahya juga diberi amanah menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada periode 2014-2019.

Gus Yahya adalah putra tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Rembang dan satu di antara pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Muhammad Cholil Bisri.

Pada pemilihan Ketum PBNU 2021-2026, Gus Yahya bersaing dengan petahana, KH Said Aqil Siradj. Namun, kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu menang telak di Muktamar NU ke 34 di Lampung 2021, Jumat (24/12/2021).

Nahdlatul Ulama (NU) punya pemimpin baru untuk lima tahun kedepan. KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih menjadi Ketua PBNU periode 2021-2026
Nahdlatul Ulama (NU) punya pemimpin baru untuk lima tahun kedepan. KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih menjadi Ketua PBNU periode 2021-2026 (Tribunnews.com)

Profil Gus Yahya

KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 16 Februari 1966.

Sebelum menjadi Ketua Umum PBNU, ia adalah Katib Aam NU.

Mengutip Tribunnews Wiki, Gus Yahya adalah putra tokoh NU di Rembang dan satu di antara pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Muhammad Cholil Bisri.

Tak hanya itu, ia juga keponakan dari KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, tokoh besar NU dan budayawan.

Ia merupakan anak pertama dari delapan bersaudara. Adiknya, Yaqut Cholil Qoumas, saat ini menjabat sebagai Menteri Agama.

Dilansir Kompas.com, Gus Yahya pernah menjadi juru bicara Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ia juga pernah menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2014-2019.

Mengutip setkab.go.id, ia dilantik sebagai anggota Wantimpres oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 31 Mei 2018.

Gus Yahya mengaku ia dihubungi untuk menjalani pelantikan sebagai anggota Wantimpres saat masih berada di Amerika Serikat (AS).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved