Berita Surabaya

Gus Yahya Terpilih Jadi Ketum PBNU di Muktamar NU ke-34, PWNU Jatim Sebut Jadi Kemenangan Bersama

PWNU Jatim mengaku bersyukur dengan terpilihnya KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
KH Yahya Cholil Staquf saat ditemui di kantor PWNU dengan didampingi sejumlah tokoh NU Jawa Timur beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) mengaku bersyukur Muktamar NU ke-34 di Lampung berjalan kondusif.

Termasuk bersyukur dengan ditetapkannya Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, serta terpilihnya KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026.

"Alhamdulillah, Muktamar berjalan baik dan lancar sesuai yang kami harapkan," kata Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi saat dihubungi dari Surabaya, Jumat (24/12/2021).

Seperti diketahui, sebelum pelaksanaan Muktamar NU ke-34 kalangan PWNU Jatim memang telah menyatakan dukungan kepada Gus Yahya sebagai calon ketua umum PBNU. Sedangkan untuk Rais Aam, PWNU Jatim mendukung KH Miftachul Akhyar.

Gus Fahrur, sapaan akrab pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 1 Bululawang Malang itu mengungkapkan, hal ini menjadi kemenangan bersama keluarga besar Nahdliyin. Sebab, Muktamar yang merupakan forum lima tahunan ini menjadi hajat bersama.

Di sisi lain, Gus Fahrur juga menyebut pihaknya mengajak seluruh pihak untuk terus kompak bersatu. Urusan kontestasi kepemimpinan saat ini sudah selesai. Sehingga, semua harus terus kompak untuk menatap masa depan.

"Jadi, kami punya tradisi mengubah gegeran menjadi ger-gerran. Semua kan sama-sama NU dan orang pesantren," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum PBNU untuk periode lima tahun mendatang. Itu setelah dilakukan penghitungan suara dalam forum Muktamar.

Gus Yahya mengungguli KH Said Aqil Sirajd. Di mana Gus Yahya mendulang 337 suara. Sedangkan Said Aqil Sirajd yang merupakan petahana memperoleh total 210 suara. Dan ada satu suara batal.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved