Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Pemprov Jatim Gercep Salurkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung di Kabupaten Madiun

Pemprov Jatim bergerak cepat menyalurkan bantuan kepada warga Kabupaten Madiun yang terdampak bencana angin puting beliung.

Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono saat meninjau lokasi terdampak angin puting beliung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Kamis (16/12/2021). 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bergerak cepat (gercep) menyalurkan bantuan kepada warga Kabupaten Madiun yang terdampak bencana angin puting beliung.

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono didampingi Sekdakab Madiun Tontro Pahlawanto dan Camat Wonoasri Heri Kurniawan memberikan bantuan tersebut saat meninjau lokasi terdampak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun, Kamis (16/12/2021).

Bantuan yang diberikan berupa 60 paket lauk pauk, 60 paket tambahan gizi, 40 pcs selimut, 20 paket famili kit, 20 paket kids ware, 1 ton beras, 30 lembar terpal, 50 dus mie instan, 30 dus air mineral, 50 paket sandang, 10 paket kebersihan, dan 200 paket sembako.

Plh Sekdaprov Jatim Heru mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bantuan dari Gubernur Jatim bagi warga terdampak.

"Di Madiun ada puting beliung hari ini kami ke sini ditemani ada Pak Sekda dan Kepala Dinas PU Madiun, kami bersama sama Kepala Dinas PU Cipta Karya Provinsi, untuk cek bersama BPBD berapa rumah yang terdampak puting beliung," kata Heru Tjahjono.

"Kami tadi bawa bantuan yang bantuan tersebut dari bu gubernur salah satunya sembako dan kebutuhan harian yang akan diserahkan oleh bu gubernur besok," tambahnya.

Sejauh ini, sebut Heru, upaya yang dilakukan Pemprov Jatim selain menyalurkan bantuan adalah dengan mengirim agen bencana Prov Jatim dan bersama Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC PB BPBD) Kabupaten Madiun meninjau lokasi kejadian dan melakukan assessment.

"Lima ratus Lima belas rumah dari empat Kecamatan, inilah yang nanti akan kami laporkan pada ibu gubernur, bahwa rumah rumah yang rusak, atapnya itu ada yang hilang, ada beberapa warung yang rusak, nanti itu akan kita sampaikan pada bu gubernur," imbuhnya.

Mantan Bupati Tulungagung ini mengatakan, rencananya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Jumat (17/12/2021) besok, akan hadir di Kabupaten Madiun untuk menyapa dan memberikan bantuan kepada warga Kabupaten Madiun yang terdampak.

"Tentang hal-hal yang lain besok akan diserahkan Ibu Gubernur termasuk perbaikan, yang rusak nanti kami hitung dan Ibu Gubernur akan bantu besok pagi, Ibu Gubernur akan hadir ke sini," pungkasnya.

Seperti diberitakan, pada Rabu (15/12/2021), pukul 14.30 WIB, telah terjadi angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Madiun. Setidaknya empat kecamatan terdampak, yakni di Kecamatan Jiwan meliputi Desa Teguhan dan Desa Ngetrep. Sedang di Kecamatan Madiun menimpa Desa Sirapan dan Desa Dimong. Lalu di Kecamatan Sawahan tepatnya di jl. Raya Sidomulyo, serta Kecamatan Wonoasri yang menimpa empat desa yaitu Desa Sidomulyo, Desa Ngadirejo, Desa Plumpung, dan Desa Jatirejo.

Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Madiun tersebut menyebabkan ratusan rumah rusak, pohon tumbang dan beberapa warga mengalami luka-luka. Total terdapat 515 unit rumah yang mengalami kerusakan. Di antaranya 495 unit rusak ringan, 4 unit rusak sedang, dan 16 unit rusak berat. Juga mengakibatkan 6 unit fasilitas umum (fasum) rusak ringan dan 2 unit fasum rusak sedang.

Turut mendampingi kunjungan Plh Sekdaprov Jatim yakni Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRKPCK) Jatim Baju Trihakssoro, Kepala Dinas Pertanian Hadi Sulistyo, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Gatot Soebroto, Kepala Bakorwil Madiun Eddy Suprianto dan Dirut RSUD dr Soedono Madiun dr Mochamad Hafidin Ilham. (hms)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved