Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak di Jatim Dimulai Besok, Gubernur Khofifah Jabarkan Lokasinya

Gubernur Khofifah memastikan bahwa besok, Rabu (14/12/2021), akan dilaksanakan kick off atau perdana vaksinasi anak-anak dengan usia 6-11 tahun.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Dokumentasi SURYA Online
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa besok, Rabu (14/12/2021), akan dilaksanakan kick off atau perdana vaksinasi anak-anak dengan usia 6-11 tahun.

Penyelenggaraan tersebut dilaksanakan sesuai instruksi Presiden dan mendapat rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021, mengenai pelaksanaan vaksinasi virus Covid-19 yang diterbitkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021.

"Kalau dulu tahap satu itu SDM kesehatan, kelompok lansia dan pelayanan publik, lalu remaja kategori usia 12 hingga 17, saat ini kita maksimalkan vaksinasi untuk anak. Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar, dan saya berharap ini diluaskan ke sekolah-sekolah," ujar Gubernur Khofifah, Selasa (14/12/2021).

Di Jatim, total terdapat di 21 kabupaten/kota yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk bisa melaksnakan vaksinasi anak-anak.

Daerah tersebut meliputi Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Tuban.

Selain itu beberapa wilayah lainnya antara lain Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan serta Kota Surabaya.

Daerah yang bisa melakukan vaksinasi anak-anak harus memenuhi kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 telah mencapai di atas 70 persen dan untuk cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen di seluruh kabupaten/kota.

"Berdasarkan sensus penduduk Jatim terdata sebanyak 2.048.628 anak yang berusia 6-11 tahun. Jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac," tambah Khofifah,

Pada Kick Off di Jawa Timur besok, dikatakan Khofifah rencananya akan dilakukan di beberapa tempat, yakni di SDN Kaliasin 1 Surabaya sebanyak 764 siswa, dan Kantor Kecamatan Ngawi sebanyak 300 siswa.

Beberapa sekolah lainnya di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo akan dilaksanakan kemudian hari.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved