Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

21 Daerah di Jawa Timur Sudah Boleh Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak Usia 6-11 Tahun

Mulai hari Selasa (14/12/2021) ini, 21 daerah di Jawa Timur dibolehkan untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak dengan usia 6-11 tahun.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Mulai hari Selasa (14/12/2021) ini, sebanyak 21 daerah di Jawa Timur telah masuk dalam kriteria dibolehkan untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak dengan usia 6-11 tahun.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur, Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan, bahwa per hari ini secara serentak sudah dimulai pelaksanakan vaksinasi anak-anak dengan usia 6-11 tahun.

"Pelaksanakan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun seiring dengan telah dikeluarkannya KMK terkait vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun, dan juga seiring telah adanya keterangan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia dan juga BPOM yang membolehkan vaksinasi anak-anak karena telah lolos uji klinis. Dan dibuktikan bahwa vaksinasi ini aman dan efektif mencegah Covid-19," terang Jibril kepada SURYA.CO.ID.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun ini menggunakan vaksin dengan merk Sinovac. Dengan penyuntikan dua kali, dan dengan dosis setengah mililiter atau 3 mikrogram. Sedangkan jarak vaksinasi dosis pertama dan kedua adalah empat pekan atau 28 hari.

"Total di Jatim ada 21 kabupaten kota yang sudah boleh melaksanakan vaksinasi anak-anak dengan usia 6-11 tahun. Kriteria boleh tidaknya ini ditentukan dari capaian vaksinasi daerah tersebut. Yaitu capaian vaksinasi dosis pertama untuk masyarakat umum sebesar 70 persen dan vaksinasi dosis satu untuk lansia telah lebih 60 persen," tegas Jibril.

Sebanyak 21 daerah yang telah boleh melaksanakan vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun adalah Kabupaten Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Jombang, Kediri, Lamongan, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Sidoarjo, Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.

Proses vaksinasi untuk anak-anak dengan usia 6-11 tahun ini diselenggarakan di puskesmas-puskesmas, juga bisa melalui sekolah-sekolah yang telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Yang sudah melaksanakan hari ini adalah seperti Kota Surabaya. Setiap anak-anak yang akan divaksin sama seperti orang dewasa, juga akan dilakukan skrining," tegas Jibril.

Mereka yang dinyatakan tidak boleh divaksin, adalah mereka yang memiliki penyakit autoimun tidak terkontrol atau Defisiensi imun primer, anak-anak yang memiliki penyakit Sindrom Guillain Barre, mielitis transversa, acute demyelinating, danencephalomyelitis, Anak menderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi/radioterapi, Sedang mendapatkan pengobatan imunosupresan/sitostatika berat.

Selain itu, anak-anak yang sedang demam 37,5 derajat celcius atau lebih, juga tidak direkomendasikan mendapatkan vaksin. Begitu pula dengan anak-anak yang sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan serta yang pasca imunisasi lain kurang dari 1 bulan.

"Yang masuk kriteria itu maka vaksinasinya ditunda dulu. Maka bagi para orang tua yang sudah mendapatkan informasi atau panggilan pelaksanakan vaksinasi bagi anak-anaknya, maka segera didaftarkan dan pastikan tidak masuk kriteria ekslusi itu," pungkas Jibril.

Sedangkan untuk kick off pelaksanakan vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun di Jatim akan dilaksanakan besok.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved