Breaking News:

Berita Batu

Jadi UMKM Juara Bank Jatim 2021, AMKE Kota Batu Optimistis Bisa Bangkit dari Dampak Pandemi Covid-19

AMKE di tahun 2021 ini ikut dalam penganugerahan UMKM Award yang digelar Bank Jatim.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
habibur rohman/surya.co.id
Jajaran Direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bank jatim) mendapatkan penjelasan terkait fasilitas serta wahana edukasi dari Penyuluh Kehutanan dan Pendamping serta Pimpinan Pengelola AMKE Sri Asih, Minggu (12/12/2021). Area Model Konservasi Edukasi (AMKE) yang berada di Desa Oro Oro Ombo Kota Batu ini terpilih menjadi UMKM terbaik dan berhak atas award dari Bank Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pandemi covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 membuat Areal Model Konservasi Edukasi (AMKE) yang ada di Desa Oro Oro Ombo, Kota Batu, harus merumahkan lebih dari 30 karyawannya.

Namun begitu pandemi mulai turun, AMKE kembali menggiat dengan membidik sektor retail.

Penyuluh Kehutanan dan Pendamping serta Pimpinan Pengelola AMKE, Sri Asih, mengatakan AMKE berdiri sejak tahun 2018.

"Pada tahap awal itu, usahanya adalah menyediakan aneka macam bibit dan pupuk tanaman. Untuk melayani pengadaan dari kegiatan tanam pohon masal oleh instansi pemerintah maupun swasta," cerita Sri Asih, saat ditemui disela kunjungan jajaran direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim, Minggu (12/12/2021).

Dari kegiatan itu, omzet yang didapat bisa mencapai Rp 1 miliar per bulan, dengan rata-rata per Minggu antara Rp 150-250 juta.

Di tahun 2019, mereka menambah fasilitas dengan wahana edukasi bagi pelajar hingga instansi.

Namun begitu terjadi pandemi, tidak ada lagi pesanan bibit dan pupuk.

Tidak ada lagi kunjungan dan pengunjung.

"Selama hampir dua tahun pandemi, pengujung warga sekitar pun hanya sesekali. Semua mengikuti aturan yang terkait pandemi. Seperti saat PPKM, harus tutup tidak boleh ada kunjungan. Kemudian setelah ada pelonggaran, kembali membuka kunjungan lagi. Dan ini sejak November, kami sudah mulai mendapat kunjungan dan pesanan bibit dan pupuk lagi. Dan kunjungan dari warga sekitar Batu, Malang dan sekitarnya sudah mulai berdatangan," ungkap Sri Asih.

Meski tidak ada pesanan hingga kunjungan, AMKE tetap berkreasi untuk bisa mendapatkan pemasukan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved