Breaking News:

Berita Blitar

Disperdagin Kota Blitar Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran untuk Petugas Pasar

Disperdagin Kota Blitar juga mengecek sarana prasarana penanggulangan bencana kebakaran di sejumlah pasar tradisional.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Petugas keamanan pasar mempraktikkan cara memadamkan api menggunakan kain basah di Pasar Pon, Kota Blitar, Rabu (8/12/2021). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Sejumlah pedagang dan petugas keamanan pasar mengikuti pelatihan penanggulangan bencana kebakaran di Pasar Pon, Kota Blitar, Rabu (8/12/2021).

Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar.

Kepala Disperdagin Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, ada 95 pedagang dan petugas keamanan pasar yang mengikuti pelatihan penanggulangan bencana kebakaran.

Disperdagin mengundang petugas UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Blitar untuk memberikan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran kepada pedagang dan petugas keamanan pasar.

Dalam kegiatan itu, para pedagang dan petugas keamanan pasar dilatih cara penanganan awal jika terjadi bencana kebakaran.

Para pedagang dan petugas keamanan pasar mendapat pelatihan cara memadamkan api menggunakan kain basah, alat pemadam api ringan (apar) dan hydrant.

Setelah mendapatkan teori, para peserta diminta untuk mempraktikkan cara memadamkan api menggunakan beberapa alat tersebut.

"Kegiatan hari ini untuk pembinaan pedagang dan petugas keamanan pasar apabila menghadapi bencana kebakaran. Mereka kami kumpulkan dan kami undangkan UPT Pemadam Kebakaran untuk mendapatkan pelatihan penanggulangan kebakaran," kata Hakim.

Dengan pelatihan itu, Hakim berharap jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran, sudah ada kesiapsiagaan dari para pedagang dan petugas keamanan pasar.

Para pedagang dan petugas keamanan pasar bisa melakukan penanganan awal penanggulangan kebakaran.

"Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran sudah ada kesiapsiagaan dari pedagang dan petugas keamanan pasar," ujar Hakim.

Menurutnya, kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran untuk pedagang dan petugas keamanan pasar baru kali pertama dilaksanakan.

Selain pelatihan, kata Hakim, Disperdagin juga mengecek sarana prasarana penanggulangan bencana kebakaran di sejumlah pasar tradisional.

"Kami juga cek hydrant dan apar di sejumlah pasar tradisional. Kami ingin pastikan apakah sarana prasarana penanggulangan bencana kebakaran di pasar berfungsi," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved