Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Wagub Emil Sebut Jatim Segera Lakukan Koordinasi dengan Forkopimda

Rencana penerapan PPKM Level 3 selama libur natal dan tahun baru, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan resmi membatalkan aturan tersebut.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat diwawancara di Hotel Westin Kota Surabaya, Selasa (7/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), Emil Elestianto Dardak memastikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan melakukan koordinasi lanjutan terkait pembatalan rencana penerapan PPKM Level 3 selama libur natal dan tahun baru.

Sebagaimana sempat ramai diberitakan, bahwa pemerintah pusat akan menerapkan aturan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia dalam periode 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Yang kemudian, hari Selasa (7/12/2021) ini, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan resmi membatalkan aturan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Wagub Emil menegaskan bahwa pada prinsipnya Pemprov Jatim akan tegak lurus mengacu pemerintah pusat.

"Saya belum bisa berkomentar banyak, karena tentu hal ini akan dibahas dengan Forkopimda. Tapi apapun itu, kami akan siap melaksanakan sesuai aturan," kata Wagub Emil saat diwawancarai di Hotel Westin Kota Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini untuk Provinsi Jawa Timur berdasarkan asesmen Kemenkes sudah menerapkan PPKM Level 1.

Meski begitu, dikatakan Emil bahwa Pemprov Jatim sejatinya sudah melakukan antisipasi guna menghadapi masa liburan nataru.

Rakor skala besar melibatkan Forkopimda Jatim juga telah digelar awal bulan lalu. Yang menandakan bahwa Jatim mengantisipasi betul agar di masa libur nataru tidak menjadi celah terjadinya lonjakan kasus covid-19.

"Pembatasan, penyekatan di titik-titik rawan di musim liburan nataru sudah kita antisipasi, bahkan saat itu sebelum ada pengumuman akan ada PPKM kita sudah rapat," tegasnya.

Sedangkan untuk rakor dengan Forkopimda terkait pembatalan PPKM ini, dikatakan Wagub Emil Dardak akan dilakukan segera. Namun masih harus menunggu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang kini masih fokus mengurusi penanganan bencana awan panas guguran Gunung Semeru.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved