Breaking News:

Berita Surabaya

Kadin Institute Fasilitasi Sertifikasi Dosen, Targetkan 1000 Dosen di Jatim Tersertifikasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur melalui Kadin Institute berupaya melakukan percepatan program sertifikasi dosen dan tenaga kerja.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
Kadin Institute
Direktur Kadin Institute Nurul Indah Susanti. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur melalui Kadin Institute berupaya melakukan percepatan program sertifikasi dosen dan tenaga kerja.

Hingga tahun depan, diharapkan ada sekitar 1.000 dosen yang tersertifikasi dan telah mengikuti Program Uji Kompetensi Teknis Dosen.

Direktur Kadin Institute Nurul Indah Susanti mengatakan, saat ini jumlah dosen di Jawa Timur yang telah tersertifikasi masih sangat kecil, padahal dalam Permendikbud Nomor 3/2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dijelaskan adanya keharusan dosen untuk mengikuti program Uji Kompetensi Teknis Dosen.

Untuk itu, Kadin Institute berupaya menfasilitasi dosen dan tenaga kerja mendapatkan sertifikasi profesi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

"Target kami bisa mensertifikasi 1.000 dosen. Upaya ini berdasarkan permintaan dari Indikator Kinerja Utama sesuai dengan Permendikbud nomor 3/2020. Selain itu juga untuk memenuhi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mahasiswa kompeten dan dosen kompeten serta pemagangan," kata Nurul Indah, Senin (6/12/2021).

Pekan lalu ada sekitar 82 dosen yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen dari Universitas Negeri Surabaya yang sudah mengikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Teknis Dosen, di Surabaya.

Dari 82 dosen tersebut, terbagi dalam tiga klasifikasi, pertama bidang Mamajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) skema Supervisor SDM, kedua bidang Metodologi Instruktur skema Pengelola Lembaga Pelatihan dan ketiga bidang Lingkungan Hidup skema AMDAL.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin (29/11/2021) hingga Rabu (1/12/2021) dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Teknis Dosen di hari Kamis (2/12/2021).

"Ketiga jenis program pelatihan ini sangat penting dalam pengembangan SDM Perguruan Tinggi di masing-masing fakultas dan prodi  yang diimpelmentasikan sesuai dengan bidang kelembagaannya," lanjut Nurul, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang SDM dan Ketenagakerjaan Kadin Jatim tersebut. 

Bidang Lingkungan Hidup juga sangat penting dalam penyusunan dokumen Amdal bagi dosen di bidang lingkungan hidup, dan Uji kompetensi di laksanakan oleh LSP MSDM Profesional, LSP Knstruktur Nasional dan LSP Lingkungan Hidup Nasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved