Breaking News:

Gunung Semeru Meletus

Gardu Distribusi Pulih, PLN: Sambungan Listrik Pelanggan Terdampak Semeru Meletus Sudah Menyala

PT PLN (Persero) terus berupaya memaksimalkan pemulihan kelistrikan pasca Gunung Semeru meletus, Sabtu (4/12/2021) lalu.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
PLN UID Jatim
Petugas PLN saat melakukan recovery jaringan sambungan listrik di kawasan terdampak peristiwa Gunung Semeru meletus di Lumajang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT PLN (Persero) terus berupaya memaksimalkan pemulihan kelistrikan pasca Gunung Semeru meletus, Sabtu (4/12/2021) lalu.

Hingga Senin (6/12/2021) l, pukul 23.28 WIB, PLN berhasil memulihkan 112 trafo dan 28.041 warga telah kembali mendapatkan akses listrik.

"Hingga kini masih ada 2.482 pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang listriknya belum dinyalakan karena rumah pelanggan rusak atau berada di zona belum aman," kata Adi Priyanto, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut Adi menyebutkan, untuk penormalan listrik di 2.482 pelanggan ini, pihaknya masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman.

Adi mengakui dalam usaha pemulihan kelistrikan pasca bencana kali ini, PLN mendapatkan tantangan cukup berat.

"Mulai dari beberapa lokasi kembali mengalami hujan abu vulkanik, sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk," beber Adi.

Untuk itu, PLN pun melakukan pemetaaan pelanggan terdampak Erupsi dan merencanakan pekerjaan penormalan.

Bahkan untuk daerah yang  terputus dari jaringan eksisting, PLN pun membangun jaringan listrik baru.

"Kami telah berhasil membangun jaringan tegangan menengah 20 kV sepanjang 300 meter yang menghubungkan penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampel Gading untuk penormalan pelanggan terdampak erupsi," ungkapnya.

Untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak Erupsi Semeru, PLN menerjunkan 124 personel yang dibagi dalam dua tim yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved