Breaking News:

Berita Sidoarjo

Bersama Gerindra Kirim Bantuan ke Lumajang, BHS Desak Hunian Sementara untuk Korban Letusan Semeru

Di sela penyerahan bantuan, BHS menyampaikan keprihatinan dan berduka cita yang mendalam atas musibah erupsi Gunung Semeru.

Penulis: M Taufik | Editor: Deddy Humana
surya/m taufik
BHS bersama para pengurus Partai Gerindra saat menyerahkan bantuan ke korban erupsi Semeru di Lumajang, Selasa (7/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono (BHS) bersama sejumlah pengurus DPC Partai Gerindra Lumajang dan DPC Gerindra Kota Surabaya, mengunjungi posko tanggap bencana meletusnya Gunung Semeru di Lumajang, Selasa (7/12/2021).

Dalam kesempatan ini, mereka mengirimkan bantuan sembako, obat-obatan, pakaian layak, biskuit, susu, air mineral dan makanan cepat saji yang diserahkan langsung ke posko.

Selain itu, BHS bersama tim PT Dharma Lautan Utama juga menyalurkan dua truk bantuan untuk korban terdampak di posko pengungsian truk yang terdiri dari tandon air, selimut, terpal, matras, serta sembako.

Di sela penyerahan bantuan, BHS menyampaikan keprihatinan dan berduka cita yang mendalam atas musibah erupsi Gunung Semeru. "Semoga korban yang meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah, dan korban yang sekarang di rumah sakit, cepat dipulihkan dan disembuhkan," ujar BHS.

Dalam kesempatan itu, BHS juga berharap pemerintah pusat dapat membantu pemerintah daerah secara maksimal dan menjadikan bencana ini naik status sebagai bencana nasional.

"Agar penanganan pemerintah pusat mendukung pemda dapat maksimal terutama dari proses evakuasi dan mencari korban yg kemungkinan masih hidup tertimbun pasir" tambah BHS.

Menurut BHS, pelaksanaan evakuasi harus bisa dimaksimalkan dengan dukungan SARNAS, BNPB, TNI, dan POLRI sehingga bisa secepatnya mengetahui jumlah korban yang sebenarnya.

Di samping itu, ia mendesak pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi dengan segera membangun hunian sementara dalam waktu yang tidak lebih dari dua minggu dengan menggunakan material yang cepat bangun (sistem kockdown).

Serta diharapkan BUMN yang berjumlah sekitar 108, serta BUMD seluruh Jawa Timur bisa mendukung maksimal memulihkan kondisi tersebut dengan membantu secara materiil dan moril.

"Petugas terapi trauma healing juga perlu diperbanyak untuk memulihkan mental masyarakat, baik yang ada di penampungan maupun masyarakat yang masih di perkampungan," harapnya.

Diharapkan juga perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Jawa Timur bisa mendukung penanganan serta pemulihan kondisi daerah terdampak erupsi. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved