Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gunung Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Akan Tinjau Lokasi Bencana Malam Ini

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa dirinya akan bertolak ke Kabupaten Lumajang malam ini, Sabtu (4/12/2021).

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa dirinya akan bertolak ke Kabupaten Lumajang malam ini, Sabtu (4/12/2021).

Kunjungannya ke Lumajang itu, dilakukan Gubernur Khofifah terkait terjadinya erupsi Gunung Semeru yang mencapai puncaknya hari ini.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah mendapatkan konfirmasi terkait kondisi di sekitar Kabupaten Lumajang akibat terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Bahkan Khofifah juga mendapatkan laporan video dari Bupati Lumajang, bagaimana kondisi paniknya warga yang berusaha mengevakuasi diri agar tidak terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Video itu telah juga ia upload dalam akun Instagram pribadinya yang kini telah ditonton oleh puluhan ribu orang. Video itu tepatnya memperlihatkan seseorang yang merekam kepulan awan panas yang tinggi menjulang dan warga masyarakat yang tengah berusaha menyelamatkan diri.

Video unggahan Khofifah itu telah menuai lebih dari 1200 komentar warga net. Semua komentar yang menonton video tersebut mendoakan agar warga di kawasan Gunung Semeru selamat dan berhasil dievakuasi.

"Video itu saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, Khofifah juga menegaskan, bahwa pihak Pemprov Jatim tengah bergerak untuk melakukan back up dan memberikan pertolongan untuk bantuan evakuasi.

Tim dari BPBD Jatim juga meluncur dengan membawa bantuan keselamatan mulai makanan, selimut hingga sembako guna persiapan kebutuhan pangan darurat.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," pungkas Khofifah.

Sementara itu, sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, kepulan awan panas tampak membumbung tinggi dengan jarak luncur 11 km.

Saat ini aktivitas Gunung Berapi Semeru mengalami peningkatan, Seismograf Pos Pantau Gunung Bromo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Desa Ngadisari, Cemoro Lawang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo merekam mendeteksi gempa bumi.

Kepala Pos Pantau Gunung Bromo PVMBG, Wahyu Andrian Kusuma mengatakan, seismograf merekam getaran dengan amplitudo 24 milimeter. Getaran itu terekam hampir satu jam.

"Getaran terekam seismograf pukul 14.10 WIB sampai 15.09 WIB," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (4/12/2021).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved