Breaking News:

Berita Gresik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gresik Adakan Diskusi Bersama Wartawan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mengajak partisipasi masyarakat terus bertambah pada masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

Penulis: Sugiyono | Editor: Rudy Hartono
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gresik Adakan Diskusi Bersama Wartawan
surya/sugiyono
Kegiatan diskusi di KPU Kabupaten Gresik dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Jumat (3/12/2021).

SURYA.co.id | GRESIKKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mengajak partisipasi masyarakat terus bertambah pada masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sehingga partisipasi masyarakat di Kabupaten Gresik akan meningkat, Jumat (3/12/2021). Namun, kendalanya, masyarakat di Pulau Bawean dan Kecamatan Panceng banyak yang di luar negeri.

Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Makmun mengatakan, pada Pilkada 2020 partisipasi masyarakat untuk memilih sangat tinggi. Namun, ada beberapa Kecamatan yang pemilihnya masih rendah.

“Empat kecamatan yang tingkat partisipasinya rendah diantaranya Kecamatan Gresik 66 persen, Panceng 72 persen, dua Kecamatan di Pulau Bawean yaitu Kecamatan Sangkapura 72 persen dan Tambak 71 persen,” kata Makmun, saat dialog fasilitasi pendidikan pemilih 2021 bersama Komunitas Wartawan Gresik (KWG) di Kantor KPU Kabupaten Gresik, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas.

Lebih lanjut Makmun menambahkan, sejumlah faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target partisipasi masyarakat salah satunya pemilih bekerja di luar negeri menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI). Seperti warga di Pulau Bawean dan di Kecamatan Panceng banyak yang keluar negeri.

“Kita tidak bisa menghapus daftar pemilih tetap (DPT) sebab pemilih ada tapi di luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut Makmun menambahkan, khusus empat kecamatan tersebut, jajaran KPU Kabupaten  memetakan permasalahan tersebut dan terus melakukan pendidikan kepemiluan kepada masyarakat sekitar. Sehingga, diharapkan partisipasi masyarakat dapat meninggkat.

“Tingkat partisipasi pada Pemilu 2024 ditargetkan naik. Kami melakukan pendikan pemilih baik formal maupun nonformal di daerah tersebut. Dan kami juga mengajak kepada partai politik untuk aktif melakukan pendidikan politik pada kader dan masyarakat,” imbuhnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved