Breaking News:

Berita Tulungagung

Sudah Ada Desa-Desa Yang Dilalui Tol Kediri-Tulungagung, Bupati Sosialisasi ke Tokoh Masyarakat

Dari hasil pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Kediri, Selasa (30/30/2021) lalu

Penulis: David Yohanes | Editor: Deddy Humana
istimewa
Pemaparan peta jalur tol Kediri-Tulungagung di Kediri. 

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Pemkab Tulungagung telah menerima data desa-desa di wilayahnya yang nantinya akan dilewati tol Kediri-Tulungagung. Namun hingga kini pemkab belum mengetahui secara pasti koordinat jalan di masing-masing desa tersebut.

Menurut Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, rencana jalan tol Kediri-Tulungagung tersebut mencapai panjang 37,2 KM. Rinciannya, 5 KM di Kota Kediri, 17 KM di Kabupaten Kediri dan 15,2 KM di Kabupaten Tulungagung.

"Bandara Dhoho Kediri akan beroperasi sekitar April 2023, karena itu sarana pendukungnya harus siap. Salah satunya adalah tol Kediri-Tulungagung," terang Maryoto, Jumat (3/12/2021).

Dari hasil pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Kediri, Selasa (30/30/2021) lalu, desa-desa yang akan dilewati tol ini sudah diketahui.

Misalnya dari wilayah Kecamatan Karangrejo masuk di Desa Jeli-Sukowidodo-Karangrejo-Sembon dan Bungur. Lalu berkelok ke Timur masuk Kecamatan Kedungwaru di Desa Simo-Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman, dan menuju exit tol di sekitar GOR Lembupeteng.

Jalan tol Kediri-Tulungagung ini rencana tuntas sepenuhnya pada 2024 mendatang. Exit tol di wilayah Kecamatan Tulungagung ini diperkirakan berada di belakang Pengadilan Agama Tulungagung.

Nantinya Pemkab Tulungagung memfasilitasi proses pembebasan lahan. "Proses pembebasan lahan ini yang perlu kita sosialisasikan. Kita hanya memfasilitasi, prosesnya ada dari pihak swasta," sambung Maryoto.

Karena itu Maryoto meminta agar titik koordinat jalan tol ini segera disampaikan ke Pemkab Tulungagung. Dengan demikian pihaknya akan tahu, warga mana saja yang nantinya akan terkena jalan tol ini.

Meski belum jelas titik lokasinya, Pemkab Tulungagung sudah menggandeng para tokoh desa-desa yang akan dilewati tol ini, untuk melakukan sosialisasi. "Kalau penetapan lokasinya sudah pasti, kami lebih mudah untuk menjangkau warga," ujar Maryoto. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved