Berita Gresik

Ibu-ibu Desa Pangkahwetan Gresik Manfaatkan Bandeng Menjadi Berbagai Produk Olahan

Nurul Haromaini berharap olahan bandeng hasil UMKM Pangkahwetan bisa dikenal luas serta menjadi salah satu oleh-oleh khas Gresik yang ikonik.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Gresik
Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani (kanan) saat melihat produk olahan bandeng di Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Kamis (2/12/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Ikan bandeng yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Gresik yang disulap menjadi berbagai produk unggulan.

Di tangan ibu-ibu Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, bandeng bisa menjadi nugget hingga cireng.

Tujuan mengolah ikan bandeng untuk meningkatkan nilai jual.

Aneka olahan itu mulai dari bandeng cabut duri, bakar, otak-otak, nuget, kerupuk bakso, basreng, cireng dan lain sebagainya.

Semuanya berbahan dasar bandeng hasil budidaya warga setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani sangat mendukung apa yang dikerjakan ibu-ibu setempat, mengubah bandeng menjadi produk bernilai ekonomis tinggi.

Dengan kreativitas ibu-ibu mengolah ikan bandeng yang menambah nilai jual.

Baca juga: Update Ledakan Elpiji di Watulimo Kabupaten Trenggalek, Polisi Bawa Belasan Barang Bukti Ini

Melalui inovasi ini, Nurul Haromaini berharap olahan bandeng hasil UMKM Pangkahwetan ini bisa dikenal luas serta menjadi salah satu oleh-oleh khas Gresik yang ikonik.

"Ini merupakan inovasi baru. Melalui acara ini pula bandeng tak hanya jadi masakan rumahan, tapi aneka produk menarik dan kekinian," ucapnya di balai Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Kamis (2/12/2021).

Nurul sapaan akrabnya akan selalu memberi dukungan dengan kreativitas mengolah ikan bandeng.

Apalagi, Kabupaten Gresik menjadi salah satu daerah penghasil bandeng. Setiap tahun kurang lebih ada puluhan ribu ton bandeng.

"Komitmen Pak Bupati ke UMKM tak perlu diragukan, mulai dari ekspor, pembukaan rumah UMKM, terbaru kita juga akan menggelar festival bandeng dikemas rekor muri," terangnya.

Kepala Desa Pangkahwetan Syaifullah Mahdi mengatakan potensi perikanan di desanya cukup tinggi.

Tidak perlu diragukan lagi, bahkan ikan bandeng di Gresik berasal dari desa Pangkahwetan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved