Breaking News:

Berita Surabaya

Puluhan Penyandang Disabilitas di Surabaya Laporkan Dugaan Pemalsuan Data untuk Meminta Sumbangan

Pemalsuan data dan pencatutan nama para penyandang disabilitas untuk mendapatkan sumbangan di berbagai instansi baik swasta maupun negeri.

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Firman Rachmanudin
Kuasa Hukum dari LBH Disabilitas, Hari Kurniawan (kiri) saat mendampingi para korban melaporkan kejadian pemalsuan data dan pencatutan nama di SPKT Polrestabes Surabaya, Kamis (2/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Puluhan penyandang disabilitas mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Surabaya, Kamis (2/12/2021).

Mereka melaporkan dugaan pemalsuan data dan pencatutan nama para penyandang disabilitas, untuk mendapatkan sumbangan di berbagai instansi baik swasta maupun negeri.

Hari Kurniawan, kuasa hukum para korban menyebut, ada sekitar sepuluh orang yang mulai berani membuka tabir pencatutan nama dan pemalsuan data penerima manfaat yang selama ini kerap terjadi di lingkungan organisasi atau komunitas disabilitas.

"Ini adalah bentuk keberanian dari teman-teman penyandang disabilitas yang merasa dirugikan, karena namanya dicatut dalam penerima manfaat namun tidak ada sama sekali manfaat yang selama ini turun ke mereka atau nama-nama yang disebut," sebut Hari, Kamis (2/12/2021).

Hari juga memastikan, laporan tersebut bakal berbuah efek jera terhadap para pelaku yang masih melakukan praktik pemalsuan data atau pencatutan nama untuk meminta sumbangan.

Baca juga: KRONOLOGI Nama Penyandang Disabilitas di Surabaya Dicatut dalam Penerima Manfaat

"Harapan kami laporan ini diterima, biar bisa menjadi efek jera bagi siapa yang berbuat. Selain itu, laporan ini bisa diproses hukum agar menjadi pembelajaran buat ke depannya," imbuh Hari.

Hari menyebut, yang bakal dilaporkan oleh pihak korban adalah sebuah organisasi Forum Komunikasi Disabilitas Indonesia (Forkodi) yang secara terang mencatut beberapa nama penyandang disabilitas dalam kegiatan bakti sosial, namun tidak diberikan kepada nama yang dicatut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved