Breaking News:

Berita Surabaya

Bertemu dengan Eri Cahyadi, Dubes Inggris untuk Indonesia Mengaku Senang Bisa Kembali ke Surabaya

Kedutaan besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, bertemu dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Balai Kota, Kamis (2/12/2021).

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Suasana pertemuan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins di Balai Kota, Kamis (2/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins bertemu dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Balai Kota, Kamis (2/12/2021). Ini adalah kunjungan yang kedua ke Surabaya.

Dubes Owen dan Cak Eri berdiskusi tentang sektor-sektor yang bisa mempererat lagi hubungan kerja sama. Seperti dalam bidang pengembangan ekonomi, mendorong investasi ke Surabaya yang bisa mendatangkan manfaat bagi Surabaya dan Liverpool serta Inggris.

"Saya sangat berterima kasih kepada pak Wali Kota Surabaya atas usaha dan pendekatan yang proaktif terhadap kerja sama Sister City yang menurut saya hubungan kami dalam hal ini semakin erat," ujarnya.

Owen mengaku senang sekali bisa kembali ke Surabaya. Pada kesempatan yang sama ia sangat berterima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi yang telah menerima kunjungan delegasinya. Tak lupa juga berterima kasih atas diskusi produktif yang baru saja dilakukan dalam hal kerja sama Sister City antara Surabaya dan Liverpool.

Owen juga berharap, kerja sama antara Surabaya dan Inggris bisa lebih luas lagi.
Lebih lanjut ia menuturkan, kerja sama Sister City Surabaya dengan Liverpool telah menjadi contoh terbaik di Indonesia. Sehingga, dirinya mengaku sangat senang bahwa Eri Cahyadi juga ingin melakukan kerja sama yang lebih luas lagi antara Surabaya dan Liverpool.

"Juga dengan Inggris lebih luas lagi untuk menghasilkan manfaat nyata bagi masyarakat Surabaya dan Inggris. Kami sudah melihat hasil nyata tersebut di sektor pendidikan, olahraga," ungkapnya.

"Kemarin saya bermain sepakbola dengan para pemain sepakbola muda Surabaya yang telah bekerja sama dengan para pelatih dan dilatih oleh para pelatih profesional dari Tranmere Rovers,a program tersebut akan terus berlanjut tahun depan," imbuhnya.

Persebaya dan Liverpool, kata Owen, sudah memiliki kaitan erat dan dirinya mengaku sangat senang hubungan baik tersebut sudah terbina serta akan terus ditingkatkan. Tidak hanya kerja sama di sektor formal tapi juga di sektor pendidikan, sepakbola yang telah menyentuh kehidupan dan hati manusia.

"Menurut saya hal itu lebih powerful dari sekedar hubungan praktikal, dan ada banyak yang bisa ditingkatkan karena hubungan personal nya sudah ada dan telah terbangun," ucapnya.

Hubungan Sister City untuk saat ini akan terus bersama dengan Liverpool, tapi Owen juga ingin menghubungkan Surabaya dengan tempat-tempat lain di Inggris, di mana hal itu bisa membantu pembangunan dan memberikan manfaat bagi kedua pihak.

"Saya rasa ada banyak pengalaman di luar Liverpool yang bisa berkontribusi terhadap agenda Pak Wali Kota yang cukup ambisius. Tapi menurut saya, hubungan personal dengan Liverpool adalah sesuatu yang tidak bisa kita gantikan karena hal ini sangat kuat dan kami ingin terus mempertahankannya," katanya.

Cak Eri dan Owen sudah membicarakan tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan. Mereka juga berbicara tentang rencana pembangunan kembali daerah Dolly dan hal-hal yang telah dilakukan untuk sekolah-sekolah.

"Kami ingin sekali melihat ada investasi baru dari Inggris ke Surabaya, dan ada kolaborasi tengah berlangsung dengan PT PAL yang akan membawa keahlian dari Inggris dalam pembangunan area kapal Angkatan Laut di Surabaya," paparnya.

"Ini adalah sebuah kemitraan yang hebat sekali, karena ada transfer teknologi dan keahlian ke Indonesia. Jadi bukan hanya sekedar membangun kapal laut, ini juga tentang memperkuat keahlian dan tingkat teknologi dan membuat Surabaya menjadi tempat yang lebih kreatif dan produktif. Itu adalah salah satu contoh baik dalam hubungan kerja sama kami, dan menantikan ada kerja sama yang lebih lagi di masa depan," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved