Breaking News:

Berita Lamongan

5 Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu di Lamongan Ditutup

Penutupan perlintasan KA tanpa palang pintu dilakukan bertahap hingga bulan ini, dan terakhir di wilayah Pucuk.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Salah satu perlintasan KA tanpa palang pintu di wilayah Lamongan yang ditutup, Kamis (2/12/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Dinilai membahayakan dan mengancam keselamatan pengguna jalan, 5 titik perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di Lamongan ditutup.

Menurut Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, penutupan perlintasan KA tanpa palang pintu dilakukan bertahap hingga bulan ini, dan terakhir di wilayah Pucuk.

Sebelum ditutup, pihaknya sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah, dinas terkait, pemerintah desa dan warga setempat.

"Kami koordinasikan dahulu. Dan jika tidak ada masalah, langsung ditutup setelah ada kesepakatan," ujar Lukman Arif kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Diungkapkan, kelima perlintasan tanpa palang pintu yang ditutup tersebut meliputi kawasan Surabayan hingga Pucuk, yakni Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 284, JPL 283, JPL 294, JPL 297 dan JPL 316.

Dan juga ada 3 titik perlintasan yang ukurannya sekitar 800 meter kini telah dijadikan satu.

Dikatakan Luqman, tidak menutup kemungkinan, ke depan masih akan dilakukan penutupan lagi di wilayah Lamongan. Sementara warga diimbau menaati rambu yang ada.

"Jangan membuat jalan alternatif untuk melintas, karena sangat berbahaya," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan, Tony Ariantoro, Amd LLAJ, SAP, MM menyampaikan, bahwa ditutupnya perlintasan tersebut sesuai Permen nomor 94 tahun 2018.

"Benar, perlintasan sebidang yang jaraknya kurang dari 800 meter maka di haruskan untuk ditutup salah satu. Di Lamongan terdapat sekitar 120 lintasan, di antaranya 42 lintasan sebidang legal secara administrasi dan selebihnya adalah perlintasan sebidang ilegal," ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved