Breaking News:

Berita Kediri

Bupati Kediri Mas Dhito Berikan Ruang untuk Penyandang Disabiltas Berkembang

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) memberikan pelatihan kepada penyandang disabilitas pada Selasa (30/11) di Aula Dinsos

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Rudy Hartono
surya/farid mukarrom
Suasana pelatihan bagi disabilitas di Aula Dinsos Kabupaten Kediri Selasa (30/11/2021) 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) memberikan pelatihan kepada penyandang disabilitas pada Selasa (30/11) di Aula Dinsos Kabupaten Kediri.

Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten untuk memberikan ruang kreativitas kepada penyandang disabitas.

“Saya sampaikan kepada Dinsos untuk memberikan ruang kepada mereka (penyandang disabilitas),” ujar Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrap disapa Mas Dhito.

Mereka, Lanjut Mas Dhito, harus mendapatkan kesempatan yang sama seperti orang lain. “Mereka pun juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama dengan orang-orang yang lain,” terang Putra Menseskab Pramono Anung.

Pelatihan yang diberikan berupa menghias tumpeng yang diikuti oleh 6 tuna daksa dan 2 tuna rungu, serta pangkas rambut untuk 2 tuna rungu dan 4 tuna daksa.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Slamet Turmudi menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan salah satu wujud dari misi Mas Dhito.

“Ini memang bagian dari misi Mas Dhito terutama misi pertama itu pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter nasionalis - religius,” ujarnya.

Selain itu, Slamet menuturkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Kediri.

“Ya agar temen-temen itu punya kemandirian tidak bergantung kepada siapa pun. Tentunya dengan sesuatu yang bisa kami perbuat. Salah satunya pelatihan-pelatihan,” terangnya.

Nantinya, lanjut Slamet, setelah pelatihan ini Dinsos akan terus melakukan pendampingan dan monitoring kepada peserta pelatihan tersebut.

“Nanti kami akan dampingi mereka kemudian kita coba berdayakan agar mereka bisa memanfaatkan hasil pelatihan yang mereka ikuti,” lanjutnya.

Selain pelatihan tersebut, tahun ini Dinsos juga telah melakukan pelatihan penggunaan smartphone kepada 16 orang tuna netra. Yang meliputi Pengenalan aplikasi android, zoom meeting, hingga penggunaan aplikasi whatsapp dengan menggunakan aplikasi TalkBack.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved