Breaking News:

Berita Kota Kediri

Tepis Dampak Covid-19, Proyek Pembangunan Bandara Kediri Malah Dongkrak Penjualan Mobil

Gariyo Slamet, Branch Manager PT Sun Star Motor Kediri menyebutkan, penjualan mobil dan keberadaan bandara sangat berkorelasi

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya/didik mashudi
Dealer mobil PT Sun Star Motor Kediri mengalami peningkatan angka penjualan semenjak proses pembangunan bandara Kediri. 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Keberadaan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan bandara Kediri telah membawa dampak terhadap masyarakat yang membeli mobil baru. Salah satunya dealer Mitsubishi PT Sun Star Motor Kediri misalnya, mengalami kenaikan penjualan mobil baru semenjak pembebasan lahan untuk pembangunan bandara.

Gariyo Slamet, Branch Manager PT Sun Star Motor Kediri menyebutkan, penjualan mobil baru dan keberadaan proyek bandara sangat berkorelasi. "Market Kediri sangat luar biasa menyongsong operasional bandara. Baru proses pembangunan bandara saja efek-efek otomotifnya sudah mulai terasa sekali," ungkap Gariyo, Selasa (30/11/2021).

Ditambahkan Gariyo, kebutuhan kendaraan setelah pembangunan bandara selesai diprediksi bakal semakin meningkat. Terlebih wilayah Jawa Timur bagian Barat sangat disupport dinamisasi penduduk yang banyak bekerja di luar negeri.

Sehingga traffic bandara bakal sangat bagus dan membuat aspek sosial perekonomian masyarakat akan berubah. "Sehingga membangkitkan optimisme kita sebagai dealer dan brand Mitsubishi untuk bisa membantu kebutuhan transportasi masyarakat di Kediri Raya," jelasnya.

Gariyo mengungkapkan, ia pernah melakukan kunjungan ke kawasan terdampak pembangunan bandara, di mana masyarakat banyak yang membeli mobil baru seperti Pajero dan Xpander. Termasuk juga banyak yang membeli mobil niaga buatan Mitsubishi.

"Sehingga proyek bandara sangat signifikan dan berkorelasi dalam pembelian mobil baru," tutur Gariyo.

Di wilayah eks Karesidenan Kediri, daya beli masyarakat terutama di Kediri Raya sangat bagus. Dan daya beli tertinggi berada di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri, kemudian disusul Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Nganjuk dan Trenggalek.

Dijelaskan, khusus untuk Xpander series, sejak Januari hingga Oktober 2021 penjualan di PT Sun Star Mo di wilayah Kediri telah mencapai 360 unit. Dengan pencapaian tersebut, penguasaan marketshare telah mencapai 39 persen lebih.

Bahkan saat ini pengeluaran surat pemesanan kendaraan ( SPK) setiap hari untuk produk Xpander mencapai 4 sampai 5 unit per hari. "Pandemi Covid-19 memang berpengaruh, namun dorongan diskon PPNBM sangat bergerak sejak Maret sampai Desember 2021," urai Gariyo.

Dua Proyek Strategis Nasional di Karesidenan Kediri meliputi pembangunan bandara di Kabupaten Kediri serta pembangunan jalan tol Kertosono- Kediri dan Kediri- Tulungagung. Pelaksana pembangunan bandara PT Surya Dhoho Investama (SDI) telah membebaskan lahan milik masyarakat di Kecamatan Banyakan, Grogol dan Tarokan seluas lebih dari 400 hektare.

Tahun depan bakal dimulai pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Kertosono -Kediri dan Kediri - Tulungagung. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved