Breaking News:

Berita Nganjuk

Sosialisasi Tanggap Bencana dan Vaksinasi Covid-19, Bupati Nganjuk Ingin Semua Siap Hadapi Bencana

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bidokkes Polda Jatim yang telah mengirim bantuan peralatan disaster tersebut"

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi memeriksa peralatan disaster bantuan dari polda Jatim untuk penanganan bencana di Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Kolaborasi kegiatan mitigasi bencana dengan kegiatan bakti sosial serta vaksinasi massal digelar Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Hal itu sebagai wujud dari kerjasama dan komunikasi semua pihak dalam mewaspadai terjadiya bencana alam di tengah ancaman virus corona.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, untuk kegiatan mitigasi bencana lebih ditekankan pada ancaman bencana Hidrometerologi di akhir 2021 yang menuntut semuanya bersiap diri menghadapinya. Dengan antisipasi yang baik dan optimal, bencana yang datang sewaktu-waktu bisa dihadapi dengan baik serta meminimalisir jumlah korban.

"Untuk itu, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang datang sewaktu-waktu harus terus disosialisasikan dan disiapkan," kata Marhaen dalam pelatihan kesiapsiagaan Desa tanggap bencana, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskan Marhaen, sosialisasi salah satu langkah terjadinya bencana cukup penting diikuti warga. Di antaranya sosialisasi titik kumpul (tikum) ketika alat Early Warning System (EWS) berbunyi tanda awal terjadinya bencana.

Pelatihan dasar Disaster Victim Identification (DVI) juga dilakukan. Karena pada dasarnya, siapapun dapat berkontribusi untuk mengatasi kondisi bencana. "Secara bergotong-royong atau lintas sektor tentunya pemulihan bencana dapat segera diatasi bersama," ucap Marhaen.

Selain kesiapsiagaan SDM tanggap bencana, kesiapsiagaan peralatan pendukung penanganan bencana juga harus disiapkan dengan baik. Dengan demikian semua peralatan pendukung jika dibutuhkan dalam penanganan bencana, tidak terjadi kendala.

"Peralatan ini juga sangat penting dalam kesiapsiagaan bencana, makanya semuanya harus dikontrol dan dicek agar tidak ada persoalan ketika digunakan," tegasnya.

Pemkab Nganjuk, tambah Marhaen, mengapresiasi bantuan perlengkapan disaster dari Bidokkes Polda Jatim. Diharapkan perlengkapan disaster tersebut akan bisa dimanfaatkan dalam penanganan bencana di Nganjuk.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bidokkes Polda Jatim yang telah mengirim bantuan peralatan disaster tersebut," ujar Marhaen.

Sementara untuk serbuan vaksinasi sebanyak 1.000 dosis vaksin, imbuh Marhaen, juga dilaksanakan di lapangan Desa Bareng, Kecamatan Sawahan Nganjuk. Kegiatan serbuan vaksinasi masal tersebut sebagai upaya jemput bola dalam serbuan vaksin. "Itu semua agar target vaksinasi Kabupaten Nganjuk bisa tercapai," tutur Marhaen. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved