Breaking News:

Berita Lumajang

Polisi Besok Sebar 962 Anggota untuk Amankan Pilkades Lumajang

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, ratusan personel memgamankan Pemilihan Kepala desa 2021 di Kabupaten Lumajang

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Rudy Hartono
Polisi Besok Sebar 962 Anggota untuk Amankan Pilkades Lumajang
net
Ilustrasi

SURYA.co.id | LUMAJANG - Pemilihan Kepala desa 2021 di Kabupaten Lumajang dilaksanakan serentak  2 Desember 2021 mendatang. Untuk memgamankan kontestasi acara politik tingkat desa itu Polri mensiagakan 962 personel.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, ratusan personel itu terdiri dari anggota Brimob Polda Jatim 100 orang, Sabhara Polda Jatim 100 orang.

Sedangkan lima Polres dari Kabupaten tetangga, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pribolinggo Kota. Masing-masing polres akan mengirim 60 personil. Jumlah itu masih ditambah 13 komandan. Praktis untuk mengamankan Pilkades serentak Polres Lumajang mendapat bantuan 513 personil.

"Kalau dari Lumajang sendiri kami siap menerjunkan 449 anggota. Jadi totalnya ada 962," kata Eka.

Ratusan personel itu mulai besok (1/12) akan langsung disebar di 32 desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak. Eka menambahkan pelaksanaan Pilkades tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

Jika sebelumnya Pilkades digelar hanya di satu titik, maka sekarang dibagi menjadi beberapa titik untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Nah skenario penjagaannya satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah yang sangat rawan akan disiagakan 3 personel. Di daerah yang masuk kategori sedang 2 personel, aman 1 orang," ujarnya

Ia memastikan, semua polisi akan mengawal hari menjelang proses pemilihan, pencoblosan, hingga rekapitulasi perhitungan hasil pemilihan selesai. Bahkan, untuk memastikan suasana benar-benar aman  jajaran Polres Lumajang juga akan melakukan monitoring suasana politik di semua desa usai Pilkades serentak selesai.

"Dari Batalyon 527 juga menyiapkan 100 personel. Apabila para personel kami sudah balik dan suasana masih panas kami minta back up TNI," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved