Breaking News:

Berita Jember

'Manut' Pesan Presiden Jokowi, Produk Cerutu PT BIN Cigar Jember Tembus Pasar Internasional

Komisaris PT BIN Cigar Jember, Agusta Jaka Purwana, mengatakan cerutu sendiri adalah salah satu produk hilir dari tembakau.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: irwan sy
sri wahyunik/surya.co.id
Komisaris BIN Cigar Jember, Agusta Jaka Purwana. 

SURYA.co.id | JEMBER - Sektor hilir dari komoditas tembakau harus mulai diperhatikan secara serius di Jember.

Komisaris PT BIN Cigar Jember, Agusta Jaka Purwana, mengatakan cerutu sendiri adalah salah satu produk hilir dari tembakau.

"Jember ini dikenal sebagai kota tembakau, tembakau di produk hulunya. Nah, bagaimana sekarang ini di sektor hilirnya ini juga digarap, karena potensinya sangat besar. Apalagi Presiden Joko Widodo pernah bilang, sebaiknya kita menjual barang jadi, tidak hanya bahan mentah," ujar Agusta, Senin (29/11/2021).

Karenanya, Festival Jember Kota Cerutu Indonesia yang berakhir digelar Minggu (28/11/2021), diharapkan semakin meningkatkan pamor cerutu Jember.

"Apalagi di Jember ada sekitar 4 produsen cerutu, yang itu menyerap banyak sekali pekerja. Sehingga layak Jember disebut sebagai Kota Cerutu. Event kemarin diharapkan semakin meningkatkan nama cerutu Jember ke kancah internasional, apalagi yang datang adalah perwakilan duta besar, juga buyer (pembeli) dari luar negeri," tegasnya.

Selama tiga hari digelar, sedikitnya bergulir transaksi senilai Rp 5 miliar.

Transaksi tersebut hanya dari cerutu saja.

"Belum lagi, nota kerja sama yang diteken dengan sejumlah pihak terkait dengan produk UMKM Kabupaten Jember," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved