Breaking News:

Berita Surabaya

Inovasi PT PJB Tingkatkan Penjualan Produk Petani Kopi Andungbiru Probolinggo

PT PJB melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Unit Pembangkitan Paiton melakukan inovasi pembuatan trichokompos

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
PT PJB
Petani kopi Andungbiru di lereng Gunung Argopuro Probolinggo dapat dukungan CSR dari PT PJB. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT PJB melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Unit Pembangkitan Paiton melakukan inovasi pembuatan trichokompos.

Inovasi ini berupa penjemuran kopi komunal dan strategi pemasaran yang berhasil meningkatkan penjualan kopi bagi para petani kopi Andungbiru di lereng Gunung Argopuro.

Desa Andungbiru, Tiris, Kabupaten Probolinggo, merupakan salah satu desa penghasil kopi jenis robusta maupun arabika.

Dari daerah berketinggian ± 900-1300 mdpl dengan curah hujan rata-rata 293-300 mm, tiap tahun masyarakat petani kopi dapat menghasilkan sekitar 145,6 ton kopi dalam bentuk green bean.

Di tahun 2019, dimana pandemi Covid-19 mulai menyerang, turut memengaruhi kehidupan petani kopi di Desa Andungbiru.

Hasil panen yang tidak dapat terserap maksimal seiring penurunan produksi pabrik maupun tutupnya kafe serta restoran yang biasa menyerap produk kopi ditambah dengan tingginya harga pupuk menjadi masalah baru bagi mereka.

Seperti yang diungkapkan oleh Suto, Ketua Kelompok Putra Kramat, salah satu ketua kelompok pertanian di Desa Andungbiru,

“Pandemi ini tidak saja memberikan beban kesehatan bagi kami di sini, namun juga seiring peningkatan harga pupuk yang mencapai 29,20% dari tahun sebelumnya mengakibatkan pemupukan seringkali diabaikan. Imbasnya produktivitas dan kualitas tanaman kopi pun menurun," ungkap Suto.

Menurutnya, pada panen tahun 2021 petani hanya mampu mendapatkan rata-rata 220 Kg/Ha.

Jumlah ini menurun jauh jika dibandingkan dengan hasil pada tahun sebelumnya yang mencapai 400 Kg/Ha.  

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved