Breaking News:

Duel TNI vs Brimob

Update Perkelahian Kopassus vs Brimob di Mimika, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri Beber Fakta

Berikut ini fakta sebenarnya perkelahian Kopassus vs Brimob di Mimika, Papua yang dilatarbelakangi harga rokok mahal dan videonya viral di medsos.

Editor: Iksan Fauzi

SURYA.co.id | PAPUA - Berikut ini fakta sebenarnya perkelahian Kopassus vs Brimob di Mimika, Papua yang dilatarbelakangi harga rokok mahal dan videonya viral di media sosial. 

Kapolda Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri membeberkan fakta sebenarnya penyebab duel TNI vs Brimob yang sedang bertugas di Papua tersebut.

Sebenarnya para personel Kopassus dan Brimob yang terlibat perkelahian dalam naungan Operasi Satgas Nemangkawi

Sejumlah anggota Kopassus bergabung di Satgas Nanggala Kopassus, sedangkan sejumlah anggota Polri dari Satgas Amole.

Kedua satgas tersebut sama-sama menjalankan operasi Satgas Nemangkawi.

Satgas Nemangkawi ini bertugas mengamankan wilayah Papua dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang semakin menganggu kehidupan masyarakat umum. 

Menurut Fakhiri, insiden itu merupakan kesalahpahaman, bukan bentrok atau keributan besar.

Bentrok terjadi antara anggota Kopassus melawan personel Brimob di Papua. Berikut kronologi dan videonya yang viral.
Bentrok terjadi antara anggota Kopassus melawan personel Brimob di Papua. Berikut kronologi dan videonya yang viral. (Youtube Surya.co.id)

"Tidak ada bentrok, salah paham saja itu. Sudah diselesaikan, sudah berdamai," ujar Mathius seperti dilaporkan Antara, Senin (28/11/2021).

"Nanggala juga kan itu di bawah Kapolda, karena di bawah Operasi Nemangkawi. Amole juga sama di bawah Kapolda, sudah diselesaikan langsung," kata Marthinus.

Saat ini, perkelahian Kopassus vs Brimob sudah diselesaikan. "Korban luka-luka biasa saja. sudah diselesaikan. Tidak masalah ya. Insyaallah aman-aman saja," bebernya.

Kronologi

Ilustrasi bentrokan. 5 Personel Jadi Korban Bentrokan Kopassus dan Brimob di Mimika Papua.
Ilustrasi bentrokan. 5 Personel Jadi Korban Bentrokan Kopassus dan Brimob di Mimika Papua. (Net via Tribun Jatim)

Sebelumnya, perkelahian antara prajurit yang tergabung dalam Satgas Nanggala Kopassus dengan Satgas Amole terjadi di Timika, Papua pada Sabtu (27/11/2021).

Perkelahian itu terjadi di lokasi Ridge Camp Pos RCTU Mile 72, tepatnya di depan Mess Hall, Timika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Informasi yang dihimpun Tribun-Papua.com (grup SURYA.co.id), peristiwa itu bermula dari personel Satgas Amole Kompi 3 yang berada di pos RCTU Ridge Camp Mile 72 berjualan rokok.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved