Breaking News:

Berita Jember

Puluhan Warga Difabel di Jember Bakal Mendapat Bantuan Kaki dan Tangan Palsu

Dinsos Jember bekerja sama dengan RS Sumberglagah Mojokerto dan IKA Unair menggelar bakti sosial bantuan kaki dan tangan palsu bagi difabel

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Ahli orthopedi dari Ikatan Alumni Unair mengukur kaki warga difabel di Jember, sebelum dibuatkan kaki palsu, Senin (29/11/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jember bekerja sama dengan RS Sumberglagah Mojokerto dan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Jember menggelar bakti sosial bantuan kaki dan tangan palsu bagi difabel, Senin (29/11/2021).

Pemberian bantuan kaki dan tangan palsu itu sekaligus untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, yang diperingati setiap 3 Desember.

Sebagai tahap pertama, proses pemberian bantuan itu adalah pengukuran kaki dan tangan warga difabel yang bakal mendapatkan kaki atau tangan palsu. Pengukuran dilakukan di kompleks Liposos Jember di Kecamatan Kaliwates, Senin (29/11/2021).

Menurut Kepala Seksi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Difabel, dan Perempuan Dinas Sosial Pemkab Jember, Dyah Kusworini, ada 40 orang difabel yang sudah mendaftar untuk mendapatkan bantuan kaki atau tangan palsu.

"Berdasarkan pendataan kami ada 70 orang, tetapi yang sudah resmi mendaftar 40 orang. Namun pagi ini, banyak orang yang terus berdatangan," ujar Dyah kepada SURYA.CO.ID.

Mereka nantinya akan diperiksa terlebih dahulu, apakah kaki atau tangannya sudah boleh memakai kaki atau tangan palsu. Setelah pemeriksaan, petugas mengukur kaki atau tangan yang nantinya dipasangi kaki dan tangan palsu.

"Setelah itu fitting. Jadi total membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mendapat kaki atau tangan palsu, hingga dipasang," imbuh Dyah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved