Breaking News:

Berita Sidoarjo

Dekranasda Sidoarjo Fasilitasi Pelaku UMKM Tembus Pasar Korea Selatan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo terus mendorong pelaku UMKM untuk go pasar global

Penulis: M Taufik | Editor: Rudy Hartono
surya/m taufik
Ketua Dekranasda Sidoarjo Saadah Muhdlor di sela pelatihan ekspor pelaku IKM Sidoarjo, Senin, (29/11/2021) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo terus mendorong pelaku UMKM untuk go pasar global. Yang terbaru, mereka memfasilitasi produk IKM kerajinan Sidoarjo yang berorientasi ekspor ke Korea Selatan.

Pemkab Sidoarjo bersama Dekranasda mengajak 50 pelaku IKM kerajinan untuk mempromosikan produknya secara virtual. Export Center Surabaya digandeng Pemkab Sidoarjo agar produk IKM kerajinan Sidoarjo dapat masuk ke Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Busan Korsel.

Sebanyak 50 IKM kerajinan tersebut dibekali pelatihan ekspor yang digelar di Luminor Hotel Sidoarjo, Senin (29/11/2021).

Pejabat ITPC Busan Korsel dihadirkan secara virtual dalam pelatihan yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Sidoarjo Hj Sa'adah Ahmad Muhdlor tersebut.

Selain itu buyer langsung dari Korsel dan buyer warga Indonesia yang tinggal di Busan Korsel juga dihadirkan secara virtual. Sepuluh perwakilan pelaku IKM Sidoarjo diminta mempresentasikan produknya dihadapan buyer tersebut.

"Digitalisasi adalah hal yang harus dijangkau saat ini. Di sektor apapun termasuk perdagangan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membatasi mobilitas pergerakan manusia," kata Saadah Muhdlor.

Sudah saatnya, tambah dia, sektor perdagangan memasuki dunia digital. Seperti perdagangan kerajinan dari IKM Sidoarjo. Pemasaran secara digital akan menjangkau keseluruh belahan dunia.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan bisa memberikan gambaran seperti apa produk yang diminati buyer luar negeri. Dan di kegiatan itu, terlihat potensi buyer luar negeri terhadap produk IKM Sidoarjo sangat tinggi.

"Saya percaya setiap karya yang ada di sini memiliki potensi buyer, melalui kegiatan ini saya yakin pelaku IKM tahu selera pasar di luar negeri seperti apa," ujar istri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor tersebut.

Dia optimistis produk kerajinan dari IKM Sidoarjo mampu menembus pasar mancanegara. Namun kontrol produk harus tetap dilakukan demi menjaga kualitas produk itu sendiri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved