Breaking News:

Berita Nganjuk

Latih Peningkatan SDM, BUMDesma Harus Manfaatkan Potensi Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dengan demikian keberadaan BUMDesma tersebut akan banyak memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat pedesaan.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi memberikan paparan dalam pelatihan peningkatan SDM BUMDESMA Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) berupaya terus didorong Pemkab Nganjuk untuk lebih optimal dalam bekerja. Hal itu dilakukan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pengoptimalan kinerja BUMDesma tersebut terutama dalam memanfaatkan berbagai potensi lokal yang ada di wilayah pedesaan. Hal itu terkait kebijakan strategis Kabupaten Nganjuk dan teori kepemimpinan.

Juga kebijakan perlindungan dan pelestarian hasil kegiatan, teknik penanganan masalah dan teknik pemeriksaan, serta pengawasan.

"Apabila pengoptimalan potensi lokal di desa bisa dilakukan, maka kami optimistis tujuan dari BUMDesma dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan," kata Marhaen, Minggu (28/11/2021).

Untuk itu, dikatakan Marhaen, BUMDesma yang mengelola dana pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat bisa memanfaatkan potensi lokal yang ada di desa-desa. Dengan demikian keberadaan BUMDesma tersebut akan banyak memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat pedesaan.

"Hal tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan BUMDesma yang ada di desa," ucap Marhaen.

Karena itu, ungkap Marhaen, pihaknya berharap kegiatan pelatihan itu akan dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengelola dan memetakan potensi-potensi desa. Karena hal itu juga sebagai cara peningkatan dan pendapatan desa.

"Apalagi, di era digitali seperti saat ini, peningkatan kapasitas sumber daya manusia sangat memberikan dampak besar untuk kelembagaan BUMDes itu sendiri," tandas Marhaen.

Di samping itu, potensi desa yang dikelola melalui BUMDes harus betul-betul ditangani SDM yang profesional. Apabila BUMDes dikelola dengan baik, maka bisa mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan ekonomi di desa tersebut.

"Dan kami berpesan untuk menjaga kekompakan demi mendukung dan mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat. Terutama dalam mendukung program pemerintah daerah," tutur Marhaen. *****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved