Breaking News:

Berita Gresik

PTFI Serap Tenaga Kerja Lokal untuk Bangun Pabrik Smelter di KEK JIIPE Gresik

Menurut Riza Pratama, saat ini diperkirakan ada 1.000 orang tenaga kerja kontruksi. Nantinya akan bertambah lagi 3.000 orang.

Penulis: Sugiyono | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/sugiyono
Riza Pratama, Vice President Corporate Communication PTFI saat acara Coffee Morning bersama wartawan di aula Hotel Aston Inn, Gresik, Jumat (26/11/2021 

SURYA.CO.ID, GRESIK – PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai menyerap tenaga kerja lokal untuk membangun pabrik Smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kecamatan Manyar.

Saat ini masih tahap kontruksi. Total tenaga kerja mencapai 40.000 orang.

Riza Pratama, Vice President Corporate Communication PTFI, mengatakan kebutuhan tenaga kerja mencapai 40.000 orang ini dari awal membangun sampai akhir.

“Pada saat pembangunan sudah membutuhkan tenaga kerja. 40.000 orang ini bukan semuanya. Ini selama pembangunan sampai nanti produksi," ujar Riza Pratama saat acara Coffee Morning bersama wartawan di aula Hotel Aston Inn, Gresik, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Pecah Ban, Truk Berisi Batu Putih Terguling di Kedung Cowek Kota Surabaya

Menurut Riza Pratama, saat ini diperkirakan ada 1.000 orang tenaga kerja kontruksi. Nantinya akan bertambah lagi 3.000 orang.

"Nanti saat operasional tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 1000 orang dengan keahlian tertentu atau high skill,” kata Riza Pratama.

Sementara untuk tenaga kerja di tempat tambang di Papua, total karyawan langsung sebanyak 6,556 orang.

Dengan rincian tenaga kerja asal Papua sebanyak 2636 orang, atau sekitar 40,2 persen, non Papua 3,780 orang atau 57,7 persen dan tenaga kerja asing 140 orang atau 2,1 persen.

“Kalau ada yang bilang Freeport banyak tenaga asing, tidak.
Kita juga melibatkan tenaga kerja lokal, ada yang menjadi kontraktor dan lainnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pada Oktober 2021 telah meresmikan groundbreaking smelter PTFI di KEK JIIPE.

BACA BERITA GRESIK LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved