Breaking News:

Berita Lamongan

Arumi Bangga Lamongan Jadi Pilot Project SOTH, 116 Emak-Emak Siap Mendidik Penerus Bangsa

Dalam wisuda itu juga dipaparkan bahwa ada lima kecamatan yang menjadi pilot project SOTH di Lamongan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
istimewa
Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Arumi Bachsin mewisuda 116 lulusan SOTH Lamongan, Jumat (26/11/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Menjadi orangtua cerdas dan pandai mendidik anak memang naluri, bahkan sekarang sudah ada sekolahnya. Bahkan Lamongan telah memiliki sebanyak 116 orang lulusan pertama dalam sekolah parenting yang disebut program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

Dan Kabupaten Lamongan menjadi pilot project SOTH sejak Juni 2021 dan berhasil meluluskan 116 orangtua hebat angkatan pertama, yang kebanyakan adalah emak-emak. Wisuda lulusan SOTH Lamongan itu dihadiri Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin dan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Jumat (26/11/2021).

Dalam wisuda di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur itu, juga dipaparkan bahwa ada lima kecamatan yang menjadi pilot project SOTH di Lamongan. Yaitu Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Kembangbahu dan Sarirejo, dengan didampingi oleh tenaga profesional dari akademisi.

SOTH merupakan program unggulan yang digagas oleh BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orangtua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak.

Sebagai bentuk dukungan pada SOTH di Lamongan, Bupati Yuhronur memasukkan program ini pada anggaran tahun 2022. Ini adalah bentuk pengembangan kegiatan SOTH agar terus berjalan dan memberi manfaat berkelanjutan bagi generasi emas Lamongan.

Mengingat program ini sangat bermanfaat, Pemkab Lamongan jelas akan terus mendukung program ini.

"Bahkan sudah dimasukkan di tahun anggaran 2022 sebagai upaya agar pengembangan SOTH dapat terus dijalankan di Lamongan, " ungkap Yuhronur usai mengikuti wisuda lulusan SOTH Lamongan.

Mengutip Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Yuhronur mengungkapkan, Lamongan sangat bangga atas pencapaian ibu-ibu, siswa lulusan SOTH. Arumi pun bangga bahwa para ibu di Lamongan telah menyelesaikan SOTH.

Karena semua orangtua, yaitu ibu dan ayah, adalah orang tua hebat. SOTH sangat diperlukan untuk mengelola insting menjadi orangtua, dipadukan dengan teori tentang parenting yang terstruktur sehingga hasilnya menjadi paripurna.

Menurut Yuhronur, keberadaan SOTH dapat menyeragamkan sistem parenting, sehingga orangtua memiliki referensi dalam pola pengasuhan dan tidak menjadikan anak sebagai trial eror.

Kepada seluruh peserta SOTH Lamongan yang telah lulus, Yuhronur berharap agar tetap terus menerapkan pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu-ilmu pengasuhan yang telah didapatkan sebagai orangtua bagi generasi penerus bangsa.

Kepada Pemkab Lamongan, Arumi secara khusus meminta agar terus mendukung program SOTH sebagai bentuk komitmen dalam mempersiapkan generasi berkualitas yang siap menerima estafet pembangunan. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved