Breaking News:

Berita Malang Raya

9 Rumah di Jabung Kabupaten Malang Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Rata-rata rumah yang terdampak, salah satu sisi tembok rumah ambruk serta genting rumah mereka berserakan terbawa angin.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Titis Jati Permata
Polsek Jabung Malang
Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Jabung, mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Jabung, Rabu (24/11/2021) malam, mengakibatkan beberapa rumah di Desa Kemantren RT 05 RW 05 mengalami kerusakan.

Ada sembilan rumah yang mengalami kerusakan akibat musibah tersebut.

Rata-rata rumah yang terdampak, salah satu sisi tembok rumah ambruk serta genting rumah mereka berserakan terbawa angin.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun ada 1 rumah yang rusaknya cukup berat dan ada sekitar delapan rumah yang mengalami kerusakan ringan," ucap Kapolsek Jabung, AKP Koesmindar, Kamis (25/11/2021).

Pria yang akrab disapa Koes ini menjelaskan, pihaknya bersama semua unsur dan para relawan telah membersihkan dan memperbaiki rumah warga yang terdampak musibah tersebut.

"Hari ini kita langsung turun ke lapangan bersama-sama dengan masyarakat, TNI, BPBD dan semua unsur terkait untuk meringankan beban warga yang terkena musibah," ucap Koesmindar.

Koesmindar berpesan kepada semua warga agar lebih waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim tahun ini.

"Sudah banyak terjadi bencana alam walau tergolong kategori bencana ringan, namun kita tidak boleh underestimate karena bencana datangnya tanpa diduga-duga," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Malang, Muhammad Sanusi telah melihat-lihat situasi di lokasi bencana tersebut.

Politisi PDIP ini berjanji pihaknya tidak lepas tangan dalam menangani dampak bencana.

"Karena ini termasuk bencana alam, maka bakal segera ditangani dengan menggunakan Dana Tidak Terduga atau DTT. Harapannya bisa segera penanganan. Untuk memperbaiki rumah rusak melalui Cipta Karya terutama alami kerusakan berat di Jabung," beber Sanusi.

Sanusi juga menyanggupi akan bertindak transparan dalam pengeluaran dana bencana.

"Nanti akan dibuatkan berita acara terkait berapa dana yang dihabiskan. Joa pakai anggaran dana APBD maka penanganannya jadi lebih lama kalau pakai. Kalau DTT ini bisa sewaktu-waktu digunakan berdasarkan hasil analisa karena memang dari sebuah bencana," tutup Sanusi.

BACA BERITA MALANG RAYA LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved