Breaking News:

Berita Kota Kediri

Tanda Syukur Wisata Sumber Banteng Dibuka Lagi, Warga Kota Kediri Gelar Sedekah Bumi

Menurut Mohammad Isa, Ketua Pokdarwis Sumber Banteng Berkah, kegiatan Sedekah Bumi itu rutin dilaksanakan warga

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya/didik mashudi
Tumpeng-tumpeng dihanyutkan dalam kegiatan Sedekah Bumi di tempat wisata Sumber Banteng, Kelurahan Tempurejo, Kota Kediri, Kamis (25/11/2021). 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Setelah setahun lebih ditutup karena dicekam pandemi Covid-19, tempat wisata Sumber Banteng di Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri dibuka kembali. Dan sebagai bagian dari kembalinya kegiatan di sana, digelar prosesi adat Sedekah Bumi, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung sederhana dengan protokol kesehatan ini dilakukan dengan menikmati nasi tumpeng bersama-sama.

Selain itu juga dibuat tumpeng khusus berisi pelet pakan ikan yang ditebar di kolam air Sumber Banteng. Tempat wisata Sumber Banteng merupakan sumber air yang mengairi lahan pertanian di sekitar lokasi.

Selain menyediakan sarana bermain perahu, pengunjung juga bisa mandi di kolam sumber air yang jernih. Ada berbagai jenis ikan menjadi penghuni kolam. Kegiatan lainnya diisi hiburan yang digelar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Banteng Berkah.

Menurut Mohammad Isa, Ketua Pokdarwis Sumber Banteng Berkah, kegiatan Sedekah Bumi itu rutin dilaksanakan warga. "Sedekah Bumi merupakan wujud rasa bersyukur kepada Allah supaya diberikan keselamatan dan warga yang berkecimpung di Sumber Banteng juga mendapat keselamatan," ungkap Isa.

Kegiatan Sedekah Bumi dilakukan dengan membuat tumpeng, kemudian dinikmati bersama warga masyarakat.

Dijelaskan, acara Sedekah Bumi sebenarnya telah dilakukan warga Kelurahan Tempurejo sejak lama. Namun kegiatannya saat itu dilakukan sederhana, tidak dikemas dengan kegiatan hiburan seperti saat ini.

Diungkapkan, selama pandemi Covid 19, pengunjung wisata Sumber Banteng menurun drastis. Namun setelah pandemi Covid 19 mereda dan ketentuannya melonggar, pengunjung mulai berdatangan lagi.

Diharapkan Sedekah Bumi menjadi tolak balak dan bentuk rasa syukur karena telah diberi nikmat Allah. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved