Breaking News:

Berita Pasuruan

OPD Diduga Terlibat PL Proyek Fisik, Kejari Kab Pasuruan Juga Bakal Periksa Anggota Dewan

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan, Denny Saputra membenarkan pemanggilan sejumlah OPD untuk dimintai keterangan.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Lujeng Sudarto membeber sejumlah temuan yang mengindikasikan keterlibatan OPD dalam penunjukkan rekanan di Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/11/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan sudah disibukkan pemanggilan dan pemeriksaan beberapa OPD terkait dugaan penunjukkan langsung (PL) proyek fisik.

Bahkan dari informasi di internal kejaksaan, hampir setiap hari sejumlah OPD yang memiliki proyek pekerjaan, dipanggil untuk dimintai keterangan setelah adanya laporan dari beberapa LSM setempat.

Pemeriksaan marathon itu dilakukan penyidik kejari sejak kalangan LSM di Pasuruan menuding adanya konspirasi berupa penunjukkan rekanan dalam proyek PL oleh pejabat di beberapa OPD. Selain tidak memverifikasi kualitas rekanan itu, OPD-OPD juga dianggap meloloskan PL karena ada rekomendasi dari anggota DPRD setempat.

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Pasuruan, Denny Saputra membenarkan pemanggilan sejumlah OPD untuk dimintai keterangan. Namun, ia enggan membeberkan OPD yang sudah dimintai keterangan.

"Sekarang OPD dulu, nanti kalau sudah selesai semua, giliran anggota dewan yang kami panggil untuk dimintai keterangan," tambah Denny, Kamis (25/11/2021).

Sementara Hari Mulyono, Kabid Sarpas Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengakui ia bersama Sekertaris, Dodik, serta Kadis Pertanian, Lilik sudah dipanggil dan diperiksa oleh penyidik kejaksaan di kejari beberapa waktu lalu.

"Hampir lima jam pemeriksaannya. Ada sekitar 17 materi pertanyaan yang ditanyakan penyidik. Pertanyaannya seputar pekerjaan proyek yang ada dinas. Ya kami sampaikan apa adanya," tandas Hari, sapaan akrabnya.

Sementara kalangan LSM dari Masyarakat Antikorupsi Anggaran Rakyat (Makar) mendesak Bupati Pasuruan untuk mencopot pejabat OPD yang terlibat dalam konspirasi jahat penunjukan rekanan dalam proyek pekerjaan PL itu.

Makar membeber sejumlah temuan di lapangan terkait keterlibatan OPD dalam penunjukan rekanan untuk proyek PL. Dalam rekapitulasi rekanan penerima proyek pada sejumlah OPD, LSM ini menemukan sejumlah temuan menarik.

Satu yang menjadi sorotan adalah lima rekanan yang memiliki alamat kantor sama. Di antaranya adalah CV MK, S, JT, PS, dan R. Kelima rekanan tersebut mendapatkan proyek PL di dinas yang sama, bahkan jumlahnya tidak sedikit.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved