Breaking News:

Berita Blitar

Truk Bermuatan 1000 Kayu Sengon Meluncur Deras ke Sungai, Tetapi Diselamatkan Aksi Heroik Sopir

Namun truk itu selamat, tidak sampai terjerumus ke dalam Sungai Mbambang yang mengalir deras di bawah tebing.

Penulis: Imam Taufiq | Editor: Deddy Humana
Truk Bermuatan 1000 Kayu Sengon Meluncur Deras ke Sungai, Tetapi Diselamatkan Aksi Heroik Sopir - truk-kayu-tabrak-pohon-di-blitar1.jpg
surya/imam taufiq
Truk menabrak pohon karena rem blong jalan Dusun Mbambang, Desa Suru, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Rabu (24/11/2021) siang.
Truk Bermuatan 1000 Kayu Sengon Meluncur Deras ke Sungai, Tetapi Diselamatkan Aksi Heroik Sopir - truk-kayu-tabrak-pohon-di-blitar2.jpg
surya/imam taufiq
Petugas Polsek Doko membantu proses evakuasi truk yang menabrak pohon karena rem blong jalan Dusun Mbambang, Desa Suru, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Rabu (24/11/2021) siang.

SURYA.CO.ID, BLITAR - Penyelamatan sebuah truk bermuatan kayu sengon yang meluncur di jalur menukik tajam Dusun Mbambang, Desa Suru, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Rabu (24/11) siang, begitu ekstrem. Truk yang mengalami kegagalan pengereman itu tinggal terjun bebas ke dalam sungai di sisi jalur maut itu, namun bisa digagalkan aksi heroik sopirnya.

Itu setelah Satria (23), sopir asal Dusun Bintang, Desa Ngaringan, Kecamatan Doko mengambil keputusan nekat. Sekian detik sebelum truk meluncur ke sungai, ia menabrakkan truk AG 8287 KI yang disopirinya pada sebatang pohon mahoni yang tumbuh di ujung tikungan sisi kiri jalan.

Disertai suara gemeretak, bagian kepala truk seketika ringsek saat membentur pohon mahoni itu. Sedangkan sekitar 1000 batang kayu sengon pun berjatuhan dari bak truk ke jalanan. Namun truk itu selamat, tidak sampai terjerumus ke dalam Sungai Mbambang yang mengalir deras di bawah tebing.

Kecelakaan tunggal itu menarik perhatian penduduk sekitar. Mereka berdatangan untuk menolong sopir truk yang sempat limbung akibat terbentur setir di dalam kabin kemudi. Tetapi mereka memuji keberanian sopir itu demi menyelamatkan truk, muatan kayu sengon dan nyawanya sendiri.

"Lebih baik seperti itu yaitu menabrakkan truk ke pohon dari pada melaju terus, hingga ke arah sungai. Itu lebih berbahaya" ujar Giman (50), warga setempat yang ikut menolong korban.

Dijelaskan warga, truk tersebut beruntung bisa selamat. Karena sebelumnya truk mengalami rem blong saat menuruni jalan menikung dan berkelok-kelok di dusun tersebut.

Dalam kondisi sulit seperti itu, sopir tidak punya pilihan lain. Saat laju truknya tidak terkendali ketika meluncur kencang di jalan menurun tajam itu, ia menabrakkannya ke pohon mahoni sehingga laju kendaraan besar itu langsung berhenti.

"Sopir juga mengalami benturan di kepalanya ketika truknya menabrak pohon itu. Namun ia selamat bahkan bisa kembali mengemudikan truknya itu," papar Kapolsek Doko, AKP Anik Sri Untari.

Dikatakan Anik, badan truk tidak sampai mengalami kerusakan fatal. Hanya kaca depannya pecah dan bodi depan sebelah melesak. Namun, truk itu akhirnya kembali bisa melanjutkan perjalanan.

Awalnya kecelakaan tungggal itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, truk melaju dari arah Timur dengan membawa muatan kayu sengon melewati jalan pintas menuju Kecamatan Wlingi.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved