Breaking News:

Berita Lumajang

Paskhas Pasukan Elit TNI Bebaskan Sandera di Tempeh Lumajang

Sejumlah pesawat tempur milik TNI-AU diterbangkan di atas lapangan Air Weapon Range, Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Rudy Hartono
surya/toni hermawan
Situasi latihan perang TNI-AU sandi Angkasa Yudha di Air Weapon Range, Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Rabu (24/11/2021). 

SURYA.co.id | LUMAJANG - Sejumlah pesawat tempur milik TNI-AU diterbangkan di atas lapangan Air Weapon Range, Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Rabu (24/11/2021).

Pesawat tempur jenis Super Tucano itu bertugas mengintai pertahanan musuh. Setelah memahami medan perang, pasukan elit TNI-AU yakni Korpaskhas diterjunkan menggunakan Pesawat Hercules di sekitar pangkalan untuk memulai penyerangan.

Kontak senjata pun terjadi. Tak ingin kecolongan, Korpaskhas langsung menyerang musuh dengan menggunakan Meriam Oerlikon Skyshield.

Setelah memastikan kembali menguasai pangkalan, tim rescue TNI-AU akhirnya diterjunkan. Mereka datang untuk membebaskan sandera.

Suara gemuruh tembakan yang terdengar dari pangkalan tentu saja mengundang perhatian masyarakat. Tapi tenang, ini bukan perang sungguhan. Melainkan latihan perang TNI-AU dengan sandi Angkasa Yudha. Diketahui, simulasi perang dengan sandi Angkasa Yudha diadakan dua tahun sekali.

Kepala Staf TNI Marsekal Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, latihan tempur ini bertujuan untuk menguji doktrin semboyan Swabuana Paksa serta meningkatkan kemampuan prajurit, khususnya dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Tujuan ini untuk menguji doktrin TNI-AU  dan menguji sejauh mana doktrin itu dilaksanakan," katanya.

Menurutnya, hasil latihan sudah cukup memuaskan. Meski pihaknya akan melakukan evaluasi, terutama soal penyesuaian skil prajurit dengan perkembangan teknologi.

"Dankodiklat TNI-AU menyampaikan jika ada beberapa hal yang perlu direvisi, terutama terkait dinamika lingkungan strategis dan kemajuan teknologi," ujarnya.

Dalam latihan ini, ada 1579 personil dilibatkan dengan 25 pesawat tempur berbagai jenis seperti, F-16 Fighting Falcon, Sukhoi SU 27-30, T 50-i Golden Eagle, Super Tocano, Cassa 212, Boeing 737, dan helikopter tempur.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved