Breaking News:

Berita Jember

Besok Pilkades di Jember Digelar, 8 Polres plus Polda Jatim Kirim Personel Pengamanan Coblosan

Pasukan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Jember sudah bergeser ke kecamatan, Rabu (24/11/2021).

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Rudy Hartono
surya/sri wahyunik
Polres Jember Rabu (24/11/2021) gelar apel pengamanan Pilkades Serentak di 59 Desa se-Kabupaten Jember 

SURYA.co.id | JEMBER  - Pasukan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Jember sudah bergeser ke kecamatan, Rabu (24/11/2021). Apel pergeseran dan pengecekan pasukan digelar di halaman Jember Sport Garden (JSG) Kecamatan Ajung oleh Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin.

Pasukan digeser ke kecamatan yang di dalamnya ada Pilkades, untuk kemudian ke masing-masing desa. Pilkades itu bakal digelar, Kamis (25/11/2021) di 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan dari seluruh kecamatan Jember yang berjumlah 31.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin meminta, personel pengamanan mengawasi potensi kerawanan, dan mengantisipasi tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Selain permasalahan kerawanan yang ada, sekarang di Jember juga menghadapi intensitas hujan yang cukup tinggi ini akan berpengaruh kepada anggota yang berjaga di TPS. Karena dari beberapa TPS ini tidak mengantisipasi bila terjadi hujan yang sangat deras pada saat pelaksanaan pencoblosan ini tolong dipahami dengan baik apa yang harus dilakukan ketika terjadi hujan yang sangat deras sehingga mengakibatkan pelaksanaan di TPS tersebut mengalami kemunduran atau perpindahan tempat. Tolong anggota cek dan koordinasi dengan baik bersama panitia maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat," kata Arif dalam arahannya.

Personel pengamanan sebanyak 1.468 orang. Selain dari Polres Jember, mereka berasal dari delapan Polres tetangga Jember yakni Polresta Banyuwangi, Polres Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, Polres Bondowoso, Polres Situbondo, Polres Lumajang, dan Polres Pasuruan. Selain itu, juga personel Satuan Brimob dan Direktorat Samapta Polda Jatim.

Pasukan pengamanan juga ada dari unsur TNI, dan Satpol PP Pemkab Jember. Mereka disebar untuk berjaga di 905 tempat pemungutan suara (TPS), 59 desa, dan 25 kecamatan.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkades di halaman Kantor Bupati Jember, Rabu (24/11/2021) pagi.

Bupati Hendy berpesan kepada mereka yang bertugas untuk membantu menjaga dan menciptakan pelaksanaan Pilkades aman, lancar, dan tertib.

"Satpol PP bersama aparat terkait harus sigap terhadap pusat keramaian, tempat ibadah dan pertokoan. Cuaca saat ini kurang bagus oleh karena itu Satpol PP harus punya sikap cepat dan tanggap," ujar Hendy.

Pilkades Jember akhirnya boleh digelar meskipun saat ini Jember masih berada di PPKM Level 3. Pelaksanaan Pilkades ini beberapa kali ditunda, hingga akhirnya ada izin dari Menteri Dalam Negeri untuk bisa digelarnya pemungutan suara Pilkades.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved