Breaking News:

Berita Gresik

Ratusan Massa Perguruan Silat Rusak Belasan Rumah dan Bakar Kendaraan Milik Warga di Gresik

Ratusan massa perguruan silat merusak belasan rumah dan membakar sepeda motor di Kecamatan Balongpanggang, Gresik.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Willy Abraham
Pos kampling yang dirusak dan sepeda motor dibakar massa perguruan silat saat melakukan aksi pengrusakan di Desa Kedungsumber, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Selasa (23/11/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Ratusan massa perguruan silat merusak belasan rumah dan membakar sepeda motor di Gresik. Disebut, aksi pengrusakan ini buntut dari para pesilat yang menggeruduk Polsek Dawarblandong Mojokerto pada Senin (22/11/2021) malam.

Dawarblandong berbatasan langsung dengan Kecamatan Balongpanggang, Gresik, membuat massa perguruan silat itu juga berulah. Suara motor knalpot mereka meraung-raung, pecahan kaca dan hujan lemparan batu terjadi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Balongpanggang. Belasan rumah warga menjadi sasaran pengrusakan dan satu pos kampling ikut dibakar.

Kejadian mencekamkan itu disaksikan oleh salah seorang warga setempat. Ada ratusan orang berpakaian serba hitam melakukan pengrusakan.

Tindakan anarkis itu membuat warga ketakutan. Rata-rata mereka menutup rapat pintu rumahnya. Namun hal itu tidak membuat para gerombolan itu berhenti. Mereka semakin menjadi-jadi.

Kepala Desa Kedungsumber, Wahono Yudo mencatat, sebanyak 18 rumah yang menjadi korban sasaran gerombolan massa perguruan silat itu.

Selain melempari rumah warga, satu pos kampling di RT 5/RW 1 juga ikut terbakar.
Menurut Wahono, tempat pos kampling itu tidak langsung dibakar. Para perusuh itu lebih dulu melempari TV dan kaca tempat warga berjaga malam itu. Nahasnya, barang eletronik itu memunculkan percikan lalu membakar isi pos kampling.

"Rumah warga dilempari batu dan satu sepeda motor sempat dibakar. Kejadiannya pukul 21.00 WIB, seperti hujan batu. Kaca jendela pecah semua," ucap Wahono, Selasa (23/11/2021).

Aksinya membuat warga takut keluar rumah. Usai pos kampling dibakar, meteran listrik dipukul hingga mengeluarkan percikan api. Kasur di pos kampling juga ikut terbakar.

Selain merusak, gerombolan massa perguruan silat itu juga melakukan penjarahan. Usaha bensin eceran milik Arifin yang berada di di dekat pos, belasan botol bensin diambil para oknum pesilat.

"Total ada 15 botol ludes diambil, ini kaca jendela rumah saya juga dipecah," terangnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved