Breaking News:

Berita Lamongan

Peringati HKN Ke-57 Lewat Pengobatan Gratis Serentak, Antusiasme Masyarakat Lamongan Cukup Besar

dinkes juga memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan penunjang yang disesuaikan dengan indikasi pasien

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Dalam rangkaian HKN ke-57 dan HUT Korpri ke-50, Dinkes Lamongan bantu kesehatan masyarakat dengan pengobatan gratis, Selasa (23/11/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Selama setengah tahun lebih, datang ke fasilitas kesehatan seperti menjadi hal menakutkan bagi masyarakat gara-gara sebaran Covid-19.

Tetapi kondisi itu berubah saat Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan melakukan kegiatan pengobatan gratis serentak di 27 kecamatan, bersamaan rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Selasa (23/11/2021).

Kali ini antusiasme masyarakat sangat besaar untuk mendapat pemeriksaan, konsultasi dan pengobatan, tanpa harus datang ke Puskesmas.

Dalam pelaksanaannya, pengobatan gratis itu melibatkan para pengurus Korpri di masing-masing kecamatan untuk membantu 15 tenaga kesehatan dari Puskesmas di masing-masing kecamatan

“Hari ini kami menggelar pengobatan gratis rangkaian HUT Korpri ke-50 sekaligus peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN ) ke-57,” kata Kabid Kesmas Dinkes Lamongan, dr Abdullah Wasian.

Tidak hanya pengobatan gratis, dinkes juga memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan penunjang yang disesuaikan dengan indikasi pasien, pengobatan sesuai dengan diagnosis, dan konsultasi, informasi, dan edukasi (KIE) pada masyarakat secara luas. "Masyarakat tinggal hadir di tempat pengobatan gratis, tanpa harus daftar dahulu, " ungkap Wasian.

Sasaran utama pengobatan gratis adalah seluruh masyarakat umum mulai anak-anak sampai orang tua, karena prinsipnya adalah pelayanan untuk semua.

Dikatakan Wasian, pada masa pandemi Covid-19, masyarakat banyak yang enggan mengakses layanan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit. Melalui pengobatan gratis ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan meringankan beban masyarakat.

Antusiasme masyarakat cukup besar, setidaknya seperti terpantau di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sambeng, Kalitengah, dan Karanggeneng. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved