Breaking News:

Berita Trenggalek

Ambles Akibat Dihantam Hujan Deras, Jalan Antar Dusun di Trenggalek Terputus

Tri Puspitasari menjelaskan, amblesnya tanah di Desa Siki terjadi karena lereng penahan jalan atau talud longsor.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Deddy Humana
BPBD Trenggalek
Warga memasang portal di jalan yang ambles di Desa Siki, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Selasa (23/11/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Kerusakan infrastruktur di pedesaan akibat curah hujan yang deras musim penghujan ini, terjadi di Trenggalek. Akibat hujan terus menerus, sebuah titik jalan di Desa Siki, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek ambles, Selasa (23/11/2021).

Tanah yang ambles berada di tengah jalan penghubung antardusun. Akibatnya, jalan penghubung itu harus ditutup karena membahayakan untuk dilewati. Jalan yang tanahnya ambles itu menghubungkan Dusun Nguluh dan Dusun Senuli. Kini, warga kedua dusun harus memutar melewati jalan lain agar bisa saling terhubung.

Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek, Tri Puspitasari menjelaskan, amblesnya tanah di Desa Siki terjadi karena lereng penahan jalan atau talud longsor.

Sebelum longsor yang berakibat amblesnya tanah itu, wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang-tinggi sejak siang hingga tengah malam.

“Akibat longsor jalan ambles, sebagian material menimbun plengsengan dan ikut terbawa ambles dengan panjang 20 meter dan lebar 4 meter,” kata Puspitasari.

Ia mengatakan, tanah longsor juga mengancam satu rumah warga bernama Saido. Rumah Saido berada di dekat area longsor. “Petugas sudah mengimbau Pak Saido yang rumahnya dekat dengan posisi longsor agar waspada andai ada longsor susulan,” tuturnya.

Saat ini, warga dan petugas telah memasang batang bambu di tengah jalan yang ambles sebagai portal agar tak dilewati warga. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved