Breaking News:

Berita Malang Raya

Luar Biasa! Banyak Perajin Kriya Kota Malang Tembus Pasar Dunia

IKM di Kota Malang terus bertahan di masa pandemi ini, bahkan beberapa di antaranya tetap melayani permintaan pasar luar negeri

Editor: Cak Sur
Istimewa
Kota Malang mempunyai potensi ekonomi kreatif yang luar biasa, termasuk dalam subsektor kriya. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kota Malang mempunyai potensi ekonomi kreatif yang luar biasa, termasuk dalam subsektor kriya. Berbagai jenis Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Malang terus bertahan di masa pandemi ini, bahkan beberapa di antaranya tetap melayani permintaan pasar luar negeri.

Misalkan saja usaha berbasis komunitas, House of Diamonds (HoD), yang memberdayakan sejumlah perempuan untuk memproduksi berbagai produk jahitan tangan. Produk HoD telah merambah Inggris, Amerika Serikat, Canada, Australia, Singapura, Taiwan, dan Finlandia.

House of Diamonds (HoD) dibangun Nur Cholidah dan Noor Fadillah. Masyarakat yang mereka bantu merupakan eks karyawan sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan.

"Banyak orang datang ke kami meminta pekerjaan. Terutama eks karyawan perusahaan. Hampir 100 persen dari mereka ini tidak memiliki skill. Apalagi kami bergerak di bidang tekstil. Jadi susah bagi mereka ini untuk mengikuti pada awalnya," ujar Nur Cholidah.

Ada pula Dona Doni Rattan yang menawarkan berbagai produk kerajinan rotan yang sudah dipasarkan di Malang, Surabaya, Bali, Makassar, Singapura, Australia, Jepang, Amerika Serikat, Jepang, hingga Abu Dhabi.

Dengan ditunjang digitalisasi, IKM Kriya Kota Malang makin mudah memasarkan produknya melalui beragam e-commerce. Nah, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Malang menggelar pameran virtual di www.malangspace.id untuk membantu mempromosikan produk kriya mereka.

Nah, inilah enam produk kriya unggulan di Kota Malang.

1.Tuladha Handicraft
Instagram: @tuladha_wayangkulit
Produk: Gantungan Kunci Wayang Kulit ; Wayang Kulit Home Decoration ; Anting Wayang Kulit

Tuladha Handicraft
Tuladha Handicraft (Instagram: @tuladha_wayangkulit)

Ratna Ari Sandhy, pemilik dari Tuladha Handicraft, mengawali usaha karena berawal dari hobinya mengamati wayang. Ia sangat kagum dengan wayang namun menyayangkan harga wayang di pasaran masih terbilang cukup mahal.

Akhirnya, Ratna mendirikan Tuladha Handicraft dengan inovasi produk wayang yang harganya terjangkau. Produk unggulannya ada anting wayang, dekorasi wayang, dan gantungan kunci wayang. Semua produk wayangnya terbuat dari kulit kambing berkualitas.
Hingga saat ini, Tuladha Handicraft terus melanjutkan pelestarian budaya wayang dengan memasarkan produk-produk wayang berkualitas dengan harga terjangkau.

2. CV Dona Doni Rattan
Instagram: @donadonirattan_malang
Produk: Berbagai produk rotan

CV Dona Doni Rattan menawarkan berbagai produk kerajinan rotan
CV Dona Doni Rattan menawarkan berbagai produk kerajinan rotan (Instagram: @donadonirattan_malang)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved