Breaking News:

Berita Sidoarjo

Bambang Haryo Dorong Revitalisasi Wilayah Perbatasan Sidoarjo

Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono mendorong revitalisasi di daerah perbatasan Sidoarjo - Gresik.

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono menyumbangkan 10 jaket keselamatan dan pelampung bulat saat berkunjung ke Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Senin (22/11/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono mendorong revitalisasi di daerah perbatasan Sidoarjo - Gresik.

Menurutnya, dengan revitalisasi, wilayah perbatasan bisa lebih terdorong kemajuan ekonominya. Supaya tidak kalah dengan wilayah lainnya.

Seperti di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. Saat berkunjung ke sana, BHS melihat langsung kondisi di wilayah perbatasan Sidoarjo - Gresik yang dihubungkan dengan perahu tambangan.

Mobilitas warga yang menggunakan perahu tambangan rata-rata 500 orang per hari dan 200 sepeda motor.

Di sana memang sudah menyiapkan insfrastruktur tambangan walaupun sederhana, hanya saja kurang dilengkapi dengan alat keselamatan yang memadai.

"Demi keselamatan warga Sidoarjo maupun Gresik yang memanfaatkan transportasi tambangan tersebut, saya menyumbangkan 10 jaket keselamatan dan pelampung bulat,” kata Bambang Haryo, Senin (22/11/2021).

Dalam kunjungannya, BHS juga mendatangi pasar Desa Surungan. Pasar peninggalan Kolonial Belanda yang saat ini sudah kurang layak dan terkesan kumuh.

"Untuk memberikan kesan baik di wilayah perbatasan Sidoarjo, perlu adanya revitalisasi pasar agar menjadi layak dan diminati oleh masyarakat. Karena di pasar tersebut juga menampung konsumen dari beberapa desa di wilayah sekitar serta desa di wilayah Gresik," lanjutnya.

Di dekat perahu tambangan serta pasar tersebut, BHS dan rombongan sempat melihat tumpukan sampah. Informasi yang didapat, sampah di sana rata-rata mencapai 2 sampai 3 ton per hari.

"Agar kesan wilayah perbatasan bagus, pengelolaan sampah juga penting untuk ditangani dengan baik," kata dia.

Pihaknya menilai, jika dikelola dengan baik, kawasan ini juga bisa menjadi wilayah perbatasan yang dimanfaatkan sebagai wilayah pariwisata baru. Karena di sekitar wilayah tersebut terdapat tempat rekreasi kolam renang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved