Breaking News:

Berita Kota Kediri

Adu Kreasi Menu di Street Food Explorasa, PKL Kediri Ciptakan Martabak Bangka dan Es Partai-Partai

street food bisa memberikan suntikan semangat untuk para pengusaha kecil, menengah khususnya pedagang kaki lima

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya/didik mashudi
Festival Street Food Explorasa yang digelar di halaman Kediri Town Square, Kota Kediri, Senin (22/11/2021). 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Kreasi kuliner dari para pedagang kaki lima di Kota Kediri ternyata pilih tanding untuk soal rasa. Ini terbukti saat digelarnya Festival Street Food Explorasa di halaman Kediri Town Square yang memberdayakan para anggota paguyuban pedagang, Senin (22/11/2021).

Sesuai namanya, festival ini menyuguhkan berbagai makanan dan minuman kreasi para pedagang. Dan salah satunya adalah istri Wali Kota Kediri, yaitu Ferry Silviana Abdullah Abubakar.

Kegiatan ini diikuti 18 pedagang dari sekitar 50 pedagang yang telah mendaftar. Dalam lomba memasak ada tiga kategori dan masing-masing kategori diambil 3 terbaik dari setiap kategorinya.

Tidak hanya soal rasa, tetapi juga untuk jenis kuliner yang dilombakan ternyata sangat bervariasi. Misalnya untuk Kategori Mandiri, menu Martabak Bangka menyabet juara pertama, diikuti Pisang Sagu dan Babanana Kediri.

Sementara pada lomba Kategori Francise, pemenangnya adalah menu Sego Babat Mbak Yu, kemudian Churros Ziho di tempat kedua, diikuti menu Nasi Lemak. Untuk kategori Minuman, Es Partai-Partai menjadi suguhan terbaik, lalu juara dua adalah minuman Es Krim Rujak Makboro dan ketiga adalag Es Deg Dur.

Bunda Fey, sapaan Silviana Abdullah Abubakar menjelaskan, festival ini untuk menghidupkan kembali keberadaan paguyuban pedagang sekaligus mewujudkan lingkungan Kota Kediri yang bersih, sehat, tertib dan indah.

"Sudah dua tahun para pedagang merasakan ganasnya pandemi Covid-19 yang telah memukul usaha mereka. Diharapkan dengan festival street food ini, omzet usahanya bisa segera naik kembali meski pandemi Covid-19 belum berakhir," kata Ketua TP PKK Kota Kediri itu.

Bunda Fey berharap acara street food bisa memberikan suntikan semangat untuk para pengusaha kecil, menengah khususnya pedagang kaki lima untuk terus memajukan usahanya. “Semoga penjualan kaki lima ini bisa terus diperbaiki dan energi para pedagang tidak boleh habis kalau menjalankan usaha,” imbuhnya.

Sementara Kepala Disperdagin Kota Kediri, Tanto Wijohari menjelaskan, pedagang kaki lima yang mengikuti festival sebanyak 18 dari 50 orang yang mendaftar. Sebanyak 50 pedagang dilakukan skrining berdasarkan kriteria yang telah ditentukan seperti keamanan pangan produknya, ketertiban mereka saat berjualan, kemasan produknya dan lainnya.

Bertindak sebagai juri adalah Bunda Fey bersama Chef Agus Syafrudin, Rahayu Sulistyo dari Perhimpunan Hotel dan Restauran (PHRI) Kota Kediri dan Novan Setiono dari instruktur edukasi pelaku usaha sukses. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved