Breaking News:

Berita Probolinggo

Probolinggo akan Punya Posko Pengaduan, Satgas Saber Pungli RI Imbau Warga Tak Takut Laporkan Pungli

Satgas Saber Pungli RI gencar melakukan sosialisasi ke seluruh penjuru daerah sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan pungli di Probolinggo.

Penulis: Danendra Kusumawardana | Editor: irwan sy
danendra kusumawardana/surya.co.id
Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen Pol Agung Makbul, memaparkan upaya pemberantasan pungli dalam kegiatan sosialisasi dan penguatan di Kota Probolinggo, Sabtu (20/11). 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Praktik pungli masih kerap terjadi di sejumlah sektor pelayanan.

Oleh sebab itu, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) RI gencar melakukan sosialisasi ke seluruh penjuru daerah sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan pungli, tak terkecuali di Probolinggo.

Dalam kegiatan sosialisasi yang digelar di Kota Probolinggo pada Sabtu (20/11) itu, menghasilkan sebuah komitmen mendirikan Posko Pengaduan Saber Pungli.

Rencananya posko didirikan di Jalan Mastrip, Kota Probolinggo.

Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen Pol Agung Makbul, mengatakan seluruh warga Probolinggo Raya dapat mengadukan dugaan pungli ke posko tersebut.

Tindakan pungli rawan terjadi pada sektor, antara lain pengurusan perizinan, sertifikat, e-KTP, dan akte kelahiran.

"Masyarakat jangan takut melaporkan praktik pungli. Laporkan tindakan pungli ke posko itu. Unit Penindakan Pungli yang terdiri dari Polri dan inspektorat setempat akan menindaklanjuti laporan. Pemerintah pusat juga mendukung pemberantasan pungli," kata Agung.

Agung menjelaskan, selain sosialisasi, upaya yang dilakukan Satgas Saber Pungli dalam memberantas pungutan liar, yakni yustisi dan iteligensi.

Berdasar data periode 20 Oktober 2016 hingga 31 September 2021, Satgas Saber Pungli RI telah melakukan yustisi sebanyak 7.370 kali dan inteligensi 69.822 kali.

"Memang kami lebih banyak melakukan sosialisasi. Sebab, sesuai arahan pemerintah pusat, persentase terbanyak harus dilakukan pencegahan pungli dengan sosialisasi. Selama periode yang sama kami telah melakukan sosialisasi sekitar 2 juta kali," paparnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved