Breaking News:

Berita Lamongan

Hanya Sesaat Hujan Berangin Menyapu Lamongan, Pohon Raksasa Tumbang ke Jalan Poros Kecamatan

agar ada rutinitas pemangkasan pohon di sepanjang jalan poros Kecamatan Tikung hingga Sugio untuk menghindari kejadian serupa

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Petugas melakukan evakuasi pohon yang tumbang ke badan jalan poros kecamatan di Lamongan, Minggu (21/11/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Setelah jeda sebentar dari hujan deras yang membanjiri beberapa kawasan, Lamongan masih dibayangi pohon tumbang di musim penghujan ini. Dan ketika hujan deras disertai kembali melanda, Minggu (21/11/2021) sore, sebatang pohon besar tumbang di jalan poros Kecamatan Kembangbahu dan Kecamatan Sugio.

Tumbangnya pohon berdiameter 1 meter itu membuat jalur lalu lintas di kedua kecamatan terblokir. Karena pohon yang lumayan besar dan rimbun itu melintang di tengah jalan.

"Pohon itu cukup besar dan kini tumbang melintang ke badan," kata Camat Kembangbahu, Sutikno saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (21/11/2021) petang.

Menurutnya, pohon tersebut tumbang akibat terkena hujan deras yang disertai angin kencang. Kondisi akar yang rapuh dan pohon yang terlalu rindang, menurut Sutikno, menjadi penyebab pohon meter itu roboh. "Akarnya sudah rapuh, tetapi Alhamdulillah tidak sampai ada korban, " ujarnya.

Saat kejadian kondisi jalan sedang sepi, dan juga tidak ada pengguna jalan yang melintas. Jalan penghubung antar kecamatan ini sempat ditutup selama sekitar 1 jam untuk evakuasi pohon.

Menurut Sutikno, pohon sudah berhasil dievakuasi dan arus lalulintas juga sudah lancar kembali. Evakuasi melibatkan BPBD, PU Bina Marga, Muspika, desa serta masyarakat setempat dengan menggunakan alat berat.

Sutikno berharap agar ada rutinitas pemangkasan pohon di sepanjang jalan poros antara Kecamatan Tikung hingga Sugio untuk menghindari kejadian serupa. "Di sepanjang jalan ini banyak pohon yang sudah berusia tua. Harus ada pemangkasan pohon sepanjang jalan poros Tikung sampai dengan Sugio, " ujar Sutikno. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved