Breaking News:

Berita Surabaya

DKRTH Surabaya Masih Temukan Gumpalan Lemak Hingga Kasur dan Lemari di Pintu Saluran Air

Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabay amasih menemukan sampah tak umum yang menumpuk di pintu-pintu saluran air.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Satgas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya sedang membersihkan saluran air di sejumlah jalan di Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mewanti-wanti masyarakat untuk konsisten membuang sampah di tempatnya. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan bisa menimbulkan bencana, di antaranya banjir.

Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya mengungkapkan, selama ini pihaknya masih menemukan sampah "tak umum" yang menumpuk di pintu-pintu saluran air.

Barang-barang ini menyumbat saluran air, sehingga membuat air mengantre cukup lama untuk mengalir dan mengakibatkan banyak genangan. Di antaranya yamg ditemukan adalah sampah perabotan.

"Bahkan, ada kasur, lemari, sampai sofa. Miris tidak?," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin, Sabtu (20/11/2021).

Kemudian sampah rumah tangga yang juga banyak mengalir di saluran air.

"Ketika hujan, dump truk yang kami siapkan untuk mengangkut sampah bisa sampai 3-4 unit," katanya.

"Artinya apa? Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang disediakan ini masih kurang," kata Anna.

Bukan hanya itu, ia juga menyesalkan, masih adanya rumah makan hingga restauran yang membuang limbahnya ke selokan. Acap kali, limbah yang dibuang adalah lemak makanan.

"Kalau dalam jumlah besar dan kemudian menggumpal, ini bisa menutup saluran. Ini sudah kami temukan di beberapa titik dan cukup sulit untuk membersihkannya karena keras," terangnya.

Selain itu, ada pula tumpukan sampah di saluran air dekat pasar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved