Breaking News:

Berita Jember

Pemkab Jember Cari Solusi Atasi Banjir yang Kerap Melanda Kawasan Ponpes Ar Rosyid Jember

Banjir bandang untuk kedua kalinya melanda Pondok Pesantren Ar Rosyid Desa/Kecamatan Bangsalsari, Jember

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Sisa banjir yang terjadi di Ponpes Ar-Rosyid Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jumat (19/11/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Banjir bandang untuk kedua kalinya melanda Pondok Pesantren Ar Rosyid Desa/Kecamatan Bangsalsari, Jember, di tahun 2021. Banjir pertama terjadi pada 12 Januari 2021, dan banjir bandang kembali melanda kompleks POnpes itu, Kamis (18/11/2021) malam.

Selain melanda Ponpes itu, banjir juga menggenangi sejumlah rumah di sekitar Ponpes itu, juga Ponpes MHI (Mamba'ul Khoiriyatil Islamiyah) yang berjarak sekitar 750 meter dari Ponpes Ar Rosyid.

Kawasan Ponpes Ar Rosyid memang area langganan banjir jika sungai yang berada di sisi utara Ponpes itu berdebit tinggi. Jika sungai tidak lagi bisa menampung debit air, maka air akan meluap ke jalanan di sisi selatan jembatan.

Banjir masuk melalui gerbang depan Ponpes tersebut. Air masuk ke Ponpes itu sekitar pukul 19.00 Wib, Kamis (18/11/2021). Air berputar-putar di kawasan tersebut. Banjir menjadi bandang ketika pukul 20.00 Wib, air menjebol tembok di sisi utara Ponpes itu. Tembok itu pula yang pada Januari lalu jebol.

Akibatnya, air membawa serta material lumpur dan ranting kayu. Area yang dulu pernah terkena banjir bandang di Bulan Januari, kembali terdampak.

Beruntung, area itu tidak lagi menjadi asrama santri putri. "Asrama santri putri sudah kami pindahkan ke atas. Jadi anak-anak aman pada kejadian semalam. Sekarang lokasi ini dijadikan tempat sekolah, SMP dan SMK di pagi hari," ujar Pengasuh Ponpes Ar Rosyid, KH Aminullah kepada Surya, Jumat (19/11/2021).

Sejak banjir bandang melanda pada Januari 2021, area itu tidak dipakai untuk hunian, namun hanya kegiatan belajar mengajar di pagi hari. Ada kelas untuk SMP dan SMK.

Namun seiring banjir bandang kembali datang, Bupati Jember Hendy Siswanto meminta pihak Ponpes Ar Rosyid mengikhlaskan sejumlah ruas bidang Ponpes yang mepet sungai untuk dijadikan tangkis.

Aminullah menuturkan, dalam kunjungan Bupati Hendy, Jumat (19/11/2021) ke lokasi itu, bupati menjanjikan bakal membangun tangkis di sisi utara Ponpes itu. Tangkis tersebut bakal memakan aset milik Ponpes sekitar 5 meter dari area sempadan sungai.

"Jadi kelas yang di sisi utara ini, sekitar luas 5 meter akan kami hibahkan. Rencananya untuk tangkis. Tadi pak bupati menjanjikan itu. Tidak apa-apa asal aman, karena daerah sini merupakan langganan banjir jika hujan lebat turun, dan debit sungai naik," imbuhnya.

Aminullah berharap, jika ada penanganan yang tepat, pondoknya beserta lingkungan sekitar itu tidak lagi menjadi kawasan langganan banjir di musim penghujan.

Sedangkan Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bakal segera berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait penanganan kawasan sungai untuk meminimalkan dampak banjir.

Pemkab Jember melalui dinas terkait bakal segera melakukan assessment kawasan sungai di sisi utara Ponpes Ar Rosyid tersebut, termasuk juga mengevaluasi kondisi jembatannya.

"Kami akan berdiskusi dan meminta bantuan Pemprov Jatim dalam mengatasi dan menangani bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Jember," ujar Bupati Hendy usai meninjau lokasi banjir Ponpes Ar Rosyid, Jumat (19/11/2021).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved